alexametrics

Saudi: Serangan Turki Timbulkan Kekacauan di Timur Tengah

loading...
Saudi: Serangan Turki Timbulkan Kekacauan di Timur Tengah
Duta Besar Arab Saudi untuk Inggris, Khalid bin Bandar bin Sultan Al Saud menyebut serangan Turki di Suriah utara menciptakan kekacauan di Timur Tengah. Foto/Reuters
A+ A-
LONDON - Duta Besar Arab Saudi untuk Inggris, Khalid bin Bandar bin Sultan Al Saud menyebut serangan Turki di Suriah utara menciptakan kekacauan di Timur Tengah. Turki mulai melancarkan operasi di Suriah sejak pekan lalu.

"Serangan Turki menciptakan kekacauan. Hal terakhir yang kami butuhkan adalah satu lagi kekacauan di wilayah ini dan saya pikir kami baru saja mendapatkannya," ucap Khalid saat berbicara di di Royal United Services Institute di London.

"Saudi prihatin dengan keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk mencuci tangan atas operasi Ankara dan secara de facto memberikan sanksi (kepada Turki)," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (15/10/2019).



Pada saat yang sama, dia memuji keputusan Washington untuk menyediakan pasukan dan sistem pertahanan udara kepada Saudi. Khalid melihatnya sebagai kelanjutan dari komitmen AS untuk memastikan keamanan di wilayah tersebut.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan AS, Mark Esper menuturkan, pihaknya menganggap operasi Turki di Suriah sebagai langkah "impulsif" yang merongrong upaya untuk mengalahkan kelompok teror ISIS. Dia lalu menekankan bahwa AS melanjutkan penarikan pasukannya dari Suriah utara.

"Invasi yang telah mengakibatkan meluasnya korban, pengungsi, perusakan, rasa tidak aman, dan meningkatnya ancaman terhadap militer AS Serangan yang tidak dapat diterima ini juga telah merusak keberhasilan misi multinasional untuk mengalahkan ISIS di Suriah, dan mengakibatkan pembebasan banyak tahanan ISIS yang berbahaya," ucapnya.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak