alexametrics

Jelaskan Maksud Operasi Suriah, Erdogan Telepon Macron

loading...
Jelaskan Maksud Operasi Suriah, Erdogan Telepon Macron
Pemerintah Turki menuturkan, Presiden Tayyip Erdogan telah melakukan pembicaraan dengan Presiden Prancis, Emanuel Macron untuk membahas mengenai Suriah. Foto/Istimewa
A+ A-
ANKARA - Pemerintah Turki menuturkan, Presiden Tayyip Erdogan telah melakukan pembicaraan dengan Presiden Prancis, Emanuel Macron untuk membahas mengenai Suriah. Dalam pembicaraan melalui sambungan telepon itu, Erdogan menjelaskan mengenai maksud operasi Turki di Suriah.

"Erdogan berbicara dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron melalui telepon. Presiden kami menetapkan tujuan-tujuan dari Operasi Musim Semi Perdamaian, menunjuk pada ancaman terhadap keamanan Turki dan integritas teritorial Suriah dari PKK-YPG dan ISIS," ucap pernyataan pemerintah Turki, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (15/10/2019).

Pembicaraan ini datang tidak lama setelah negara-negara anggota Uni Eropa (UE) berjanji akan menangguhkan ekspor senjata ke Turki, sebagai respon atas serangan ke Suriah. Langkah menghentikan lisensi ekspor senjata ke Turki ini adalah langkah jangka pendek yang secara formal diambil UE dari kebijakan embargo senjata.



Sementara itu, sebelumnya Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence menuturkan Presiden AS, Donald Trump telah melakukan pembicaraan dengan Erdogan. Trump, dalam pembicaraan itu menyerukan Erdogan untuk menghentikan serangan di Suriah dan memberlakukan gencatan senjata.

"Trump menyampaikan kepadanya dengan sangat jelas, bahwa Amerika Serikat ingin Turki menghentikan invasi, menerapkan gencatan senjata segera dan mulai bernegosiasi dengan pasukan Kurdi di Suriah untuk mengakhiri kekerasan," kata Pence kepada wartawan di Gedung Putih.

Pence juga mengungkapkan bahwa dia akan segera menuju ke Turki dalam upaya untuk memulai negosiasi guna mengakhiri ofensif Turki.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak