alexametrics

Momen Pertama Jet Siluman F-35 Mendarat di Kapal Induk Queen Elizabeth

loading...
Momen Pertama Jet Siluman F-35 Mendarat di Kapal Induk Queen Elizabeth
Pesawat-pesawat jet tempur siluman F-35B Inggris saat mendarat di atas kapal induk HMS Queen Elizabeth. Foto/Daily Mail/PA
A+ A-
LONDON - Angkatan Udara Kerajaan Inggris atau RAF merilis foto-foto yang mengabadikan momen pertama kalinya pesawat-pesawat jet tempur siluman F-35B mendarat di kapal induk HMS Queen Elizabeth. Lepas landas dan pendaratan jet-jet tempur termahal buatan Lockheed Martin Amerika Serikat (AS) ini bagian dari uji operasional di lepas pantai AS.

"Setelah beroperasi penuh, UK Carrier Strike Group (Kelompok Tempur Kapal Induk Inggris) akan menjadi kekuatan yang tangguh di seluruh dunia, menggunakan sejumlah platform untuk bekerja bersama sekutu kita," kata Kementerian Pertahanan Inggris, Senin (14/10/2019).

"Jet Lightning memulai uji coba operasional di kapal induk 65.000 ton di lepas Pantai Timur Amerika Serikat," lanjut kementerian itu, seperti dikutip Express.co.uk.



"Selama waktu ini, kapal induk dikawal oleh kapal perusak HMS Dragon Type 45, kapal pemburu kapal selam HMS Northumberland, kapal tanker RFA Tideforce dan Merlins dari Skuadron Udara Angkatan Laut 814, 820 dan 845, Wildcat dari Skuadron 815, dan Marinir Kerajaan dari Lima Company, Komando 42," imbuh Kementerian Pertahanan Inggris.

Jet tempur F-35 yang dibeli Inggris memiliki kecepatan tertinggi 1.200 mph. "Ini adalah langkah lain menuju kemampuan serangan kapal induk Inggris menjadi sepenuhnya operasional," kata Menteri Pertahanan Ben Wallace.

"Penyatuan (jet-jet tempur) Lightning pada HMS Queen Elizabeth pertama di kelasnya membuka jalan bagi pasukan kapal induk terintegrasi yang sepenuhnya terbaru di dunia," ujarnya.

Jet tempur F-35 adalah yang pertama kali menggabungkan teknologi stealth (siluman) yang menghindari radar dengan kecepatan supersonik.

Jet tempur ini produksinya menelan biaya masing-masing sekitar £100 juta. Inggris saat ini memiliki 18 pesawat canggih tersebut, dan memiliki pesanan tambahan 30 unit. Pesawat-pesawat ini memiliki kemampuan mendarat secara vertikal.

"Ini adalah pertama kalinya saya mendarat di atas kapal induk, untuk menjadi (bagian dari) HMS Queen Elizabeth, dan di pesawat yang luar biasa seperti Lightning Inggris, adalah sesuatu yang cukup," imbuh Komandan Sayap RAF, Adam Curd, yang pertama kali melakukan pendaratan.
(mas)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak