Liga Arab Desak Turki Hentikan Serangan, Tarik Pasukan dari Suriah

Minggu, 13 Oktober 2019 - 12:37 WIB
Liga Arab Desak Turki Hentikan Serangan, Tarik Pasukan dari Suriah
Liga Arab Desak Turki Hentikan Serangan, Tarik Pasukan dari Suriah
A A A
KAIRO - Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit meminta Turki untuk segera menghentikan operasi militernya di Suriah timur laut. Abdoul Gheit juga mendesak Turki untuk segera menarik pasukannya dari Suriah.

“Kami mengutuk agresi ini. Kami menyerukan kepada Turki untuk segera dan sepenuhnya menghentikan semua aksi militer dan menarik pasukan, yang telah memasuki wilayah Suriah," kata Aboul Gheit dalam sebuah pernyataan.

Abdoul Gheit, seperti dilansir PressTV pada Minggu (13/10/2019), kemudian memperingatkan bahwa Ankara akan memikul tanggung jawab penuh atas kemungkinan konsekuensi kemanusiaan dari agresi tersebut.

Pemimpin Liga Arab itu juga menyatakan keprihatinan serius atas "genosida Kurdi" di Suriah utara, dengan menyatakan bahwa sekitar 300 ribu orang menghadapi risiko kehilangan tempat tinggal dalam beberapa hari ke depan karena tindakan militer Turki.

Sementara itu, sebelumnya Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengatakan pihaknya tidak takut dengan ancaman sanksi, terkait dengan operasi di Suriah. "Jika Turki takut akan sanksi, kami tidak akan memulai operasi ini (di Suriah utara). Ini adalah masalah keamanan nasional yang vital bagi kami," kata Cavusoglu.

Menegaskan kembali bahwa Turki akan merespons kemungkinan sanksi ketat dari Amerika Serikat (AS), Cavusoglu menekankan bahwa tidak ada negara yang memiliki kemampuan untuk menurunkan perekonomian Turki.

Menggarisbawahi bahwa Turki memerangi terorisme, dia mengatakan AS seharusnya tidak mendukung kelompok teror YPG/PKK. Ia juga mengatakan bahwa beberapa negara Uni Eropa khususnya Prancis mendukung kelompok-kelompok teror di wilayah tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7490 seconds (0.1#10.140)