alexametrics

Korsel Akan Pangkas 100 Ribu Personel Militer

loading...
Korsel Akan Pangkas 100 Ribu Personel Militer
Militer Korea Selatan. FOTO/Reuters
A+ A-
SEOUL - Militer Korea Selatan (Korsel) menyatakan akan memangkas jumlah personel mereka dalam kurun tiga tahun ke depan. Jumlah personel yang akan dipangkas mencapai 100 ribu tentara.

“Pasukan akan dipangkas dari level saat ini 464.000 pada 2022,” sebut pernyataan Angkatan Darat Korsel dalam sebuah laporan kepada para anggota parlemen, menurut kantor berita Yonhap.

“Sejalan dengan pengurangan, jumlah korps Angkatan Darat akan turun menjadi enam, dari delapan saat ini pada tahun 2022. Dan, jumlah divisi dari 38 menjadi 33 pada tahun 2025,” lanjut pernyataan itu.



Menurut buku putih pertahanan Seoul tahun 2018, pasukan gabungan Korsel yang terdiri atas 600.000 personel sudah jauh lebih kecil daripada militer tetangga mereka, Korea Utara yang hampir 1,3 juta personel.

Menurut Yonhap, untuk menebus berkurangnya personel, Angkatan Darat Korsel mengaku akan mengembangkan "pengubah permainan generasi baru", seperti kendaraan penerbangan dengan mobilitas tinggi dan sistem kecerdasan buatan.

Alasan utama pengurangan jumlah personel militer ini adalah menyusutnya jumlah populasi di Korsel. Saat ini pemerintah Korsel tengah berjuang untuk meningkatkan tingkat kesuburan di negara itu. Tingkat populasi turun menjadi 0,98 pada tahun 2018, jauh dari angka 2,1 yang dibutuhkan untuk menjaga stabilitas populasi.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak