alexametrics

Iran Kembali Nyatakan Siap Berdialog dengan Saudi

loading...
Iran Kembali Nyatakan Siap Berdialog dengan Saudi
Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif kembali menyatakan pihaknya siap menggelar pembicaraan dengan Arab Saudi. Foto/Reuters
A+ A-
TEHERAN - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif kembali menyatakan pihaknya siap menggelar pembicaraan dengan Arab Saudi. Zarif menyebut, Teheran siap berbicara dengan Riyahd, jika Saudi mengubah kebijakan dan mengejar tujuan regional melalui perundingan, daripada membunuh orang.

"Dalam keadaan bahwa Saudi telah mengembangkan minat untuk berbicara dengan Iran, jika mereka mengejar masalah regional di meja perundingan, bukan dengan membunuh orang, mereka pasti akan memiliki Iran berdampingan dengan mereka," kata Zarif.

Zarif merujuk pada serangan yang dilancarkan oleh koalisi pimpinan Saudi di Yaman. Serangan yang menargetkan kelompok pemberontak Houthi itu turut menewaskan banyak warga sipil Yaman.



Kementerian Luar Negeri Iran selalu siap untuk bekerja sama dengan tetangga kami untuk keamanan kawasan dan kami telah secara resmi mengumumkan posisi ini," sambungnya, seperti dilasir PressTV pada Rabu (9/10/2019).

Dia mencatat bahwa sejalan dengan kebijakan seperti itu, Presiden Iran, Hassan Rouhani di Sidang Majelis Umum PBB telah menyampaikan inisiatif perdamaian regional baru, yang dijuluki Hormuz Peace Endeavour (HOPE).
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak