alexametrics

Selain New York, Ini Lokasi Markas PBB Lainnya

loading...
Selain New York, Ini Lokasi Markas PBB Lainnya
PBB memiliki empat kantor utama, yakni di New York, di Jenewa, Swiss, lalu di Wina, Austria dan di Nairobi, Kenya. Foto/Istimewa
A+ A-
NEW YORK - Kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa PBB hanya memiliki markas di New York, Amerika Serikat (AS). Sejatinya, selain di New York, PBB memiliki beberapa kantor utama lainnya di dunia.

Melansir dari berbagai sumber, PBB memiliki empat kantor utama, yakni di New York, di Jenewa, Swiss, lalu di Wina, Austria dan di Nairobi, Kenya.

Kantor PBB di New York adalah markas utama badan dunia tersebut. Kantor pusat di New York adalah tempat badan utama PBB berkantor, seperti Majelis Umum dan Dewan Keamanan.



Lalu, Kantor PBB di Jenewa (UNOG) adalah markas PBB terbesar kedua setelah New York. UNOG berlokasi gedung Palais des Nations yang awalnaya dibangun untuk Liga Bangsa-Bangsa antara 1929 dan 1938 dan kemudian diperluas pada awal 1950-an dan akhir 1960-an.

UNOG adalah rumah bagi beberapa badan dunia, seperti Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD), Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) dan Komisi Ekonomi PBB untuk Eropa (ECE).

Ketiga adalah Kantor PBB di Wina (UNOV), yang merupakan rumah bagi Badan Enegeri Atom Internasional (IAEA). Kantor yang dibuka pada pada 1 Januari 1980 juga merupakan rumah bagi Komisi PBB tentang Hukum Perdagangan Internasional, Dewan Kontrol Narkotika Internasional dan Komisi Persiapan untuk Perjanjian Larangan Uji-Nuklir Komprehensif.

Terakhir adalah Kantor PBB di Nairobi (UNON), yang dibuka pada tahun 1996. UNON adalah rumah bagi lebih dari 20 perwakilan PBB dan organisasi internasoonal lainnya, seperti Program Gabungan PBB untuk HIV/AIDS dan Dana Penduduk PBB.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak