alexametrics

Lavrov: Rusia Lanjutkan Pengiriman Senjata ke Irak

loading...
Lavrov: Rusia Lanjutkan Pengiriman Senjata ke Irak
Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov menuturkan, Moskow akan melanjutkan pengiriman senjata ke Irak. Foto/Reuters
A+ A-
BAGHDAD - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov menuturkan, Moskow akan melanjutkan pengiriman senjata ke Irak. Lavrov menyebut, pengiriman senjata ini adalah bagian dari kesepakatan pembelian senjata antara Moskow dan Baghdad.

Lavrov, yang berbicara pasca melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Irak, Mohamed Ali Alhakim di Baghdad menuturkan, Moskow menghormati kontrak yang sudah disepakati. Oleh karena itu, papar Lavrov, Rusia akan memenuhi kewajibannya dengan melanjutkan pengiriman senjata ke Irak.

"Kami memiliki pendapat umum tentang perlunya menerapkan keputusan komisi antar pemerintah tentang perdagangan dan kerjasama ekonomi, yang berlangsung pada bulan April, dan kami juga akan memenuhi kontrak yang ada untuk pasokan barang-barang militer Rusia ke Irak," katanya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (7/10/2019).



Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia menuturkan, fokus utama kunjungan Lavrov ke Irak adalah meningkatkan kerja sama dalam memerangi terorisme internasional dan penyebaran ekstremisme agama.

Selain itu, peningkatan kerjasama dalam bidang energi dan hubungan antara manusia turut menjadi agenda Lavrov dalam kunjungan pertamanya dalam lima tahun terakhir ke Negeri 1001 malam itu.

Kunjungan Lavrov ke Irak sendiri berlangsung di tengah demonstrasi besar-besaran, yang berujung kerusuhan, yang disebabkan oleh tingginya angka pengangguran dan korupsi di negara itu. Kementerian Dalam Negeri Irak menyebut setidaknya 104 orang tewas dan delapan anggota keamanan telah tewas dalam aksi demonstrasi dan lebih dari 6.000 orang terluka.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak