alexametrics

Terkait Demonstrasi, AS Nyatakan Dukung Pemerintah Irak

loading...
Terkait Demonstrasi, AS Nyatakan Dukung Pemerintah Irak
Amerika Serikat (AS) menyatakan mendukung penuh atas apa yang dilakukan pemerintah Irak dalam merespon aksi demonstrasi di negara itu. Foto/Reuters
A+ A-
BAGHDAD - Amerika Serikat (AS) menyatakan mendukung penuh atas apa yang dilakukan pemerintah Irak dalam merespon aksi demonstrasi di negara itu. Dukungan itu disampaikan dalam pembicaraan antara Perdana Menteri Irak, Adil Abdul Mahdi dengan Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo.

Kantor Perdana Menteri Irak menuturkan, dalam pembicaraan melalui sambungan telepon itu, Abdul Mahdi memberikan pembaruan informasi kepada Pompeo mengenai situasi di Irak.

"Perdana Menteri meninjau perkembangan situasi keamanan dan kembali ke kehidupan normal setelah jam malam dicabut, dan mengkonfirmasi bahwa pasukan keamanan telah memulai kembali kontrol dan stabilitas telah dipulihkan," ucapnya.



"Pompeo meyakinkan Abdul Mahdi tentang dukungan Washington bagi upaya pemerintah Irak untuk menjaga keamanan," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (7/10/2019).

Dalam pernyataannya, kantor Perdana Menteri Irak menambahkan bahwa dalam pembicaraan itu Abdul Mahdi mengatakan pemerintah telah mengajukan paket reformasi dan akan terus memberikan lebih banyak untuk memenuhi tuntutan para demonstran.

Sebelumnya, juru bicara Kementerian Dalam Negeri Irak, Mayor Jenderal Saad Maan mengatakan bahwa 104 demonstran dan delapan anggota keamanan telah tewas dalam aksi demonstrasi dan lebih dari 6.000 orang terluka.

Maan kemudian membantah laporan bahwa pasukan pemerintah Irak menembaki para demonstran. “Tidak ada pasukan pemerintah Irak yang menembaki demonstran secara langsung selama aksi protes,” ucapnya.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak