alexametrics

Serahkan Surat Kepercayaan, Dubes RI Gencarkan Kerja Sama Jakarta-Pyongyang

loading...
Serahkan Surat Kepercayaan, Dubes RI Gencarkan Kerja Sama Jakarta-Pyongyang
Dubes RI untuk Korut, Berlian Napitupulu, menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden Presidium Majelis Tertinggi Rakyat Korut (SPA), Choe Ryong Hae. Foto/Kemlu RI
A+ A-
PYONGYANG - Duta Besar Indonesia untuk Korea Utara (Korut), Berlian Napitupulu, menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden Presidium Majelis Tertinggi Rakyat Korut (SPA) yang baru, Choe Ryong Hae. Surat Kepercayaan itu dari Presiden Indonesia, Joko Widodo ditujukan kepada Ketua Komisi Urusan Negara. Kim Jong Un yang mengangkat Berlian Napitupulu sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) RI untuk Korut.

"Saya telah menyerahkan Surat-Surat Kepercayaan kepada Presiden SPA sehingga resmi sudah secara penuh mewakili pemerintah dan bangsa Indonesia di Korut. Kami bersyukur semua acara berjalan lancar dan kami merupakan Duta Besar asing pertama di Korea Utara yang menyerahkan Surat Kepercayaan kepada Presiden SPA yang baru, Choe Ryong Hae,” kata Berlian.

"Usai penyerahan Credentials, kami berbincang mengenai hubungan kedua negara. Dalam kesempatan itu, kami menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo kepada Pemimpin Kim Jong Un yang disambut hangat oleh Presiden SPA," sambungnya, seperti dikutip Sindonews dari laman resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Senin (7/10/2019).



Dia lalu menuturkan, Presiden SPA juga menyampaikan ucapan selamat atas terpilihnya kembali Jokowi sebagai Presiden Indonesia seraya mengharapkan agar hubungan kedua negara terus berkembang di masa mendatang.

Lebih lanjut Berlian menyampaikan bahwa Indonesia senantiasa berkomitmen memajukan hubungan sejarah kedua negara yang dibangun erat oleh Presiden Soekarno dan Presiden Kim Il Sung.

Presiden Soekarno bertemu dengan Presiden Kim Il Sung di Pyongyang pada tahun 1964 dan di Jakarta-Bandung-Bogor pada tahun 1965. Selain itu, Presiden Megawati Soekarnoputri bertemu dengan Chairman Kim Jong Il di Pyongyang pada 2002 dan pada tahun 2005 sebagai Ketua Partai PDIP.

Choe, pada kesempatanya, menggarisbawahi pentingnya kedekatan antara kedua pendiri negara dalam membangun landasan yang kokoh terhadap hubungan Indonesia dan Korut. Ia menyampaikan bahwa rakyat Korut senantiasa mengingat Indonesia sebagai negara sahabat dan tempat lahirnya bunga Kimilsungia yang selalu dirayakan setiap April di Korut pada Festival Bunga Kimilsungia.

"Hubungan kedua negara yang berlandaskan pada kedekatan sejarah merupakan aset bagi bangsa kita. Kami juga senang melihat perkembangan terkini di Indonesia, khususnya dengan upaya pemerintah dan masyarakat Indonesia yang sukses dalam mencapai kerukunan dan persatuan bangsa serta kestabilan politik, kemajuan ekonomi, dan kesejahteraan rakyat. Kami juga menghargai Indonesia sebagai pendiri Gerakan Non Blok dan negara besar di kawasan Asia Tenggara untuk memainkan peran penting di tataran regional dan internasional," ucap Choe.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak