alexametrics

Lebih Dari 100 Orang Tewas Dalam Demonstrasi di Irak

loading...
Lebih Dari 100 Orang Tewas Dalam Demonstrasi di Irak
Kementerian Dalam Negeri Irak menuturkan lebih dari 100 orang tewas akibat demonstrasi yang berujung kerusuhan di seluruh negeri dalam sepekan terakhir. Foto/Reuters
A+ A-
BAGHDAD - Kementerian Dalam Negeri Irak menuturkan lebih dari 100 orang tewas akibat demonstrasi yang berujung kerusuhan yang terjadi di seluruh negeri dalam sepekan terakhir. Kementerian itu menyebut, setidaknya 6000 orang terluka akibat demonstrasi itu.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Irak, Mayor Jenderal Saad Maan mengatakan bahwa 104 demonstran dan delapan anggota keamanan telah tewas dalam aksi demonstrasi dan lebih dari 6.000 orang terluka.

"51 bangunan umum dan delapan markas partai politik telah dibakar oleh para pengunjuk rasa," kata Maan dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Senin (7/10/2019).



Dikesempatan yang sama, dia juga membantah laporan bahwa pasukan pemerintah Irak menembaki para demonstran. “Tidak ada pasukan pemerintah Irak yang menembaki demonstran secara langsung selama aksi protes,” ucapnya.

Terus jatuhnya korban jiwa dalam aksi demonstrasi di Irak telah mengundang keprihatinan sejumlah pihak, termasuk PBB.

Perwakilan khusus sekretaris jenderal PBB di Irak, Jeanine Hennis-Plasschaert, menyesalkan aksi demonstrasi dengan kekerasan yang terjadi dalam lima hari terakhir yang telah menewaskan hampir 100 orang di seluruh negera itu dan melukai ribuan orang.
(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak