Bos Geng Terkenal Kolombia Tewas dalam Operasi Polisi

Sabtu, 28 September 2019 - 01:27 WIB
Bos Geng Terkenal Kolombia Tewas dalam Operasi Polisi
Bos Geng Terkenal Kolombia Tewas dalam Operasi Polisi
A A A
BOGOTA - Pemimpin utama dan pendiri kelompok kriminal Los Pelusos Kolombia tewas dalam operasi yang dipimpin oleh polisi. Hal itu diumumkan langsung oleh Presiden Kolombia Ivan Duque.

Geng itu adalah salah satu organisasi kriminal paling terkenal di negara Andean dan terlibat dalam pertempuran yang telah membahayakan ratusan ribu orang di daerah sepanjang perbatasan timur dengan Venezuela.

Pemerintah Kolombia mengatakan Luis Antonio Quintero, yang dikenal dengan nama alias Pacora, adalah mantan pemberontak sayap kiri yang memimpin sekitar 440 anggota geng. Pria berusia 49 tahun itu dicari atas tuduhan terorisme dan pembunuhan dan berlokasi di provinsi Norte de Santander.

"Jelas kita akan benar-benar memecah kelompok ini," kata Duque dalam sebuah pernyataan dari Amerika Serikat, di mana ia melakukan perjalanan untuk Majelis Umum PBB minggu ini.

"Quintero bertanggung jawab atas pembunuhan aktivis hak asasi manusia dan tokoh masyarakat," pernyataan itu menambahkan seperti dikutip dari Reuters, Minggu (28/9/2019).

Menurut pernyataan itu pemimpin Los Pelusos lainnya ditangkap dalam operasi itu. Namun pernyataan itu tidak memberikan rincian tentang keadaan kematian Quintero.

Duque telah menghadapi kritik dari beberapa komunitas internasional karena tidak berbuat lebih banyak untuk menghentikan pembunuhan aktivis yang dilakukan dengan impunitas di seluruh negeri.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5165 seconds (0.1#10.140)