Rusia Lancarkan Serangan Rudal dan Drone Berskala Besar ke Ukraina

Senin, 26 Agustus 2024 - 18:10 WIB
loading...
Rusia Lancarkan Serangan...
Rusia meluncurkan serangan rudal dan drone besar-besaran ke Ukraina. Foto/AP
A A A
MOSKOW - Rusia melancarkan serangan rudal dan pesawat nirawak besar-besaran ke seluruh Ukraina pada Senin (26/8/2024) dengan fokus menargetkan infrastruktur energi. Setidaknya tiga orang dilaporkan tewas, dan pemadaman listrik dilaporkan terjadi di seluruh negeri.

Serangan itu dimulai sekitar tengah malam dan berlanjut hingga fajar dalam apa yang tampaknya menjadi serangan terbesar Rusia terhadap Ukraina dalam beberapa minggu.

"Pasukan Rusia menembakkan pesawat nirawak, rudal jelajah, dan rudal balistik hipersonik Kinzhal ke 15 wilayah Ukraina — lebih dari separuh wilayah negara itu," kata Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal, dilansir AP.

“Infrastruktur energi sekali lagi menjadi target teroris Rusia. Sayangnya, ada kerusakan di sejumlah wilayah,” kata Shmyhal, seraya menambahkan bahwa operator jaringan listrik milik negara Ukraina, Ukrenergo, terpaksa melakukan pemadaman listrik darurat untuk menstabilkan sistem.

Ia meminta sekutu Ukraina untuk memberi Kyiv senjata jarak jauh dan izin untuk menggunakannya terhadap target di dalam Rusia.

“Untuk menghentikan penembakan biadab di kota-kota Ukraina, tempat peluncuran rudal Rusia harus dihancurkan,” kata Shmyhal. “Kami mengandalkan dukungan sekutu kami dan pasti akan membuat Rusia membayar.”

Menurut Angkatan Udara Ukraina, ada beberapa kelompok pesawat nirawak Rusia yang bergerak menuju wilayah timur, utara, selatan, dan tengah Ukraina, diikuti oleh beberapa rudal jelajah dan balistik.

Ledakan terdengar di ibu kota, Kyiv. "Pasokan listrik dan air di kota itu terganggu oleh serangan itu," kata Wali Kota Kyiv Vitali Klitschko.

Setidaknya tiga orang tewas — satu di kota Lutsk di bagian barat, satu di wilayah Dnipropetrovsk di bagian tengah, dan satu di wilayah Zaporizhzhia yang diduduki sebagian di tenggara, menurut pejabat setempat. Tiga belas orang lainnya terluka — satu di wilayah Kyiv yang mengelilingi ibu kota Ukraina, lima di Lutsk, tiga di wilayah Mykolaiv selatan, dan empat di wilayah tetangga Odesa.

Pemadaman listrik dan kerusakan pada infrastruktur sipil dan bangunan tempat tinggal dilaporkan terjadi di seluruh negeri, dari wilayah Sumy di timur, hingga wilayah Mykolaiv dan Odesa di selatan, hingga wilayah Rivne di barat.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1512 seconds (0.1#10.140)