Presiden Iran Tuding Israel Sokong ISIS dengan Senjata

Kamis, 26 September 2019 - 07:24 WIB
Presiden Iran Tuding Israel Sokong ISIS dengan Senjata
Presiden Iran Tuding Israel Sokong ISIS dengan Senjata
A A A
NEW YORK - Presiden Iran Hasan Rouhani mengatakan Israel tidak diragukan lagi telah mendukung kelompok Islamic State atau ISIS di Suriah dengan pasokan senjata dan bantuan medis. Tudingan itu disampaikan di sela-sela sidang ke-74 Majelis Umum PBB hari Rabu waktu New York.

"Mereka yang teroris adalah mereka yang memberikan bantuan kepada Daesh," katanya, yang menggunakan akronim Arab untuk ISIS, dalam wawancara dengan Fox News, yang dikutip Kamis (26/9/2019).

"Israel adalah negara yang merawat para petempur ISIS yang terluka dan mereka (Israel) membuat senjata tersedia bagi mereka (ISIS), jadi Daesh adalah teroris," katanya.

Menurutnya, berdasarkan fakta, Israel juga telah memberikan bantuan kepada pemberontak yang berperang melawan Presiden Bashar al-Assad di Suriah.

Israel selama ini memang mendirikan rumah sakit lapangan, namun mereka mengklaim rumah sakit itu untuk orang-orang Suriah yang terluka. Israel juga dilaporkan telah memberikan beberapa bantuan kepada pemberontak Suriah dan jalan keluar yang aman dari negara itu. Kendati demikian, rezim Zionis membantah keras memiliki hubungan dengan para teroris dari kelompok ISIS.

Dalam wawancaranya, Rouhani juga mengecam pelanggaran Israel di Palestina, Lebanon, Suriah dan yang terbaru di Irak.

"Israel melanggar hak orang lain setiap hari. Itu membahayakan orang-orang di Palestina, Lebanon, dan yang terbaru di Irak dan Suriah," katanya. "Tidak ada teror di dunia ini yang sebanding dengan tindakan Israel sejak awal".

"Mereka yang memperjuangkan kebebasan untuk tanah mereka, mereka bukan teroris," katanya, merujuk pada kelompok-kelompok Palestina yang menargetkan Israel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5572 seconds (0.1#10.140)