Rouhani: Sanksi Baru Perlihatkan Sikap Putus Asa AS

Senin, 23 September 2019 - 21:33 WIB
Rouhani: Sanksi Baru Perlihatkan Sikap Putus Asa AS
Rouhani: Sanksi Baru Perlihatkan Sikap Putus Asa AS
A A A
TEHERAN - Presiden Iran, Hassan Rouhani mengatakan, sanksi baru yang dijatuhkan Washington terhadap Teheran menunjukan rasa putus asa Amerika Serikat (AS). AS kembali menjatuhkan sanksi kepada Iran, sebagai respon atas serangan terhadap dua kilang minyak Arab Saudi beberapa waktu lalu.

“Orang Amerika kembali mensanksi lembaga telah masuk daftar hitam. Ini menandakan keputus-asaan Amerika sepenuhnya dan menunjukkan bahwa tekanan maksimum telah gagal, karena Iran telah berhasil melawannya," ucap Rouhani, seperti dilansir Arab News pada Senin (23/9).

AS menjatuhkan saksi kepada sejumlah badan di Iran, termasuk di dalamnya Bank Sentral Iran, yang sebelumnya telah masuk dalam daftar hitam sanksi AS.

Di kesempatan yang sama, Rouhani menyebut situasi di kawasan Teluk telah menjadi intens dan menyalahkannya kepada Washington.

"Wilayah ini menjadi intens. Mereka membuat propaganda tentang kerusakan (di Saudi) yang dapat diperbaiki dalam dua pekan, karena Amerika ingin menaklukkan wilayah itu," ungkapnya.

Seperti diketahui, AS berencana untuk mengirimkan pasukan tambahan dan juga peralatan militer ke Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA). Di mana, Rouhani menyebut hal ini hanya akan meningkatkan ketegangan di kawasan.

Namun, Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan, pengerahan pasukan tambahan AS ke kawasan Teluk ditujukan untuk pencegahan dan pertahanan.

"Misi kami adalah untuk menghindari perang. Anda melihat apa yang diumumkan Menteri Pertahanan Mark Esper pada hari Jumat, kami menempatkan pasukan tambahan di wilayah ini untuk tujuan pencegahan dan pertahanan," ucap Pompeo.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5112 seconds (0.1#10.140)