Minibus Sesak Penumpang Meledak di Irak, 12 Tewas

Sabtu, 21 September 2019 - 07:54 WIB
Minibus Sesak Penumpang Meledak di Irak, 12 Tewas
Minibus Sesak Penumpang Meledak di Irak, 12 Tewas
A A A
BAGHDAD - Sebuah bom meledak di sebuah minibus yang penuh dengan penumpang di luar kota suci Syiah Karbala Irak pada Jumat malam. Sedikitnya 12 orang tewas dan lima lainnya terluka, kata pejabat keamanan Irak dan kantor berita negara.

Ini adalah salah satu serangan terbesar yang menargetkan warga sipil sejak kelompok ekstremis ISIS dinyatakan kalah di Irak pada tahun 2017. Sel-sel kelompok itu terus melakukan pemberontakan dan melakukan serangan sporadis di seluruh negeri.

Ledakan itu terjadi ketika bus melewati sebuah pos pemeriksaan militer Irak, sekitar 10 kilometer selatan Karbala ke arah kota al-Hilla. Seorang pejabat mengatakan kepada The Associated Press bahwa sebelum ledakan, seorang penumpang keluar dari minibus tetapi meninggalkan tas berisi bahan peledak di bawah salah satu kursi. Perangkat itu kemudian diledakkan dari jarak jauh di pos pemeriksaan seperti dikutip dari VOA, Sabtu (21/9/2019).

Para pejabat mengatakan semua yang tewas adalah warga sipil dalam ledakan dan kebakaran di dalam bus. Semua pejabat berbicara dengan syarat anonimitas sesuai dengan peraturan.

Tidak ada pihak yang mengklaim bertanggungjawab langsung atas serangan itu. Serangan itu terjadi selama periode suci yang peringati kaum Syiah di Irak antara dua acara keagamaan penting, Ashoura dan Arbaeen. Arbaee adalah peringatan tahunan yang menandai berakhirnya masa berkabung atas mati syahidnya Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad, seorang tokoh sentral dalam Islam Syiah.

Peziarah Irak dan Syiah dari seluruh wilayah mengunjungi Karbala, sekitar 80 kilometer selatan Baghdad, selama periode tahun ini.

Tiga puluh satu peziarah terbunuh dan sekitar 100 terluka 10 hari lalu ketika ratusan ribu kaum Syiah memperingati Ashoura, salah satu hari suci tahun ini. Itu adalah penyerbuan paling mematikan dalam sejarah baru-baru ini selama peringatan Ashoura. (Baca juga: Perayaan Ashura di Irak Makan Korban, Lebih dari 30 Orang Tewas )
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5763 seconds (0.1#10.140)