alexametrics

Pentagon: Iran Bertanggung Jawab atas Serangan di Saudi

loading...
Pentagon: Iran Bertanggung Jawab atas Serangan di Saudi
Markas Pentagon di Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A+ A-
WASHINGTON - Pentagon atau Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) menyimpulkan bahwa Iran bertanggung jawab atas serangan terhadap kilang minyak Saudi Aramco di Arab Saudi.

"Saya akan mengakui bahwa saat ini semua indikasi yang kami miliki adalah bahwa Iran dalam beberapa hal bertanggung jawab atas serangan itu," kata juru bicara Pentagon, Jonathan Rath Hoffman, pada hari Kamis.

Hoffman mengatakan AS akan bekerja dengan Arab Saudi untuk membuat penilaian atas apa yang terjadi di lokasi kilang minyak Abqaiq dan Khurais.



"Kami akan memungkinkan Saudi untuk membuat pernyataan dari mana mereka pikir serangan itu berasal," ujar Hoffman, dikutip The Guardian, Jumat (20/9/2019).

Hoffman mengatakan bahwa Komando Pusat AS sedang berkonsultasi dengan Arab Saudi untuk mencari cara untuk mengurangi potensi serangan di masa depan.

Dia menggambarkan serangan itu sebagai bagian dari aktivitas destabilisasi dan memfitnah oleh Iran di wilayah tersebut, yang memiliki dampak lokal dan global.

"Kami ingin Iran menghentikan aktivitas memfitnah yang telah mereka promosikan di kawasan itu," ujarnya.

Kementerian Pertahanan Arab Saudi telah menyimpulkan serangan pada Sabtu pekan lalu berasal dari arah utara dengan 25 pesawat nirawak dan rudal jelajah.

Iran telah berkali-kali membantah terlibat dalam serangan terhadap kilang minyak terbesar Arab Saudi. Sedangkan pemberontak Houthi Yaman mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut dan mengancam akan melakukan serangan serupa di masa depan.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak