PBB Kirim Ahli Selidiki Serangan Fasilitas Minyak Saudi

Kamis, 19 September 2019 - 10:25 WIB
PBB Kirim Ahli Selidiki Serangan Fasilitas Minyak Saudi
PBB Kirim Ahli Selidiki Serangan Fasilitas Minyak Saudi
A A A
NEW YORK - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Antonio Guterres mengatakan, pakar dari organisasi internasional itu telah berangkat ke Arab Saudi. Mereka akan menyelidiki serangan terhadap instalasi minyak utama Arab Saudi.

Sebelumnya Kementerian Luar Negeri Arab Saudi mengatakan akan mengundang PBB dan para pakar internasional untuk melihat situasi di lapangan dan untuk berpartisipasi dalam penyelidikan.

Guterres mengatakan bahwa para ahli dikirim di bawah resolusi Dewan Keamanan PBB yang mendukung perjanjian nuklir 2015 antara Iran dan negara-negara besar. Sekjen PBB diperlukan untuk melaporkan setiap enam bulan tentang implementasi dari perjanjian nuklir, yang mencakup pembatasan transfer terkait senjata ke dan dari Iran.

Guterres sekali lagi mengutuk serangan pada hari Sabtu, lalu menyebutnya sebagai peningkatan dramatis di Teluk yang harus dihentikan.

"Kami benar-benar perlu menciptakan kondisi untuk menghindari konfrontasi besar di Teluk," katanya.

"Seperti yang telah kita lihat dengan dampak langsung pada pasar minyak, jika akan ada konfrontasi besar di Teluk itu akan memiliki konsekuensi yang menghancurkan bagi kawasan dan global," tukasnya seperti dikutip dari AP, Kamis (19/9/2019).

Sementara itu wakil juru bicara PBB Farhan Haq mengatakan para pakar yang dikirim ke Arab Saudi berkontribusi pada laporan-laporan itu dan memantau sanksi terhadap Yaman.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5099 seconds (0.1#10.140)