alexametrics

Jet Tempur Saudi Dilaporkan Bombardir Milisi Pro-Iran di Suriah

loading...
Jet Tempur Saudi Dilaporkan Bombardir Milisi Pro-Iran di Suriah
Pesawat jet tempur F-15 Arab Saudi. Foto/Al Manar TV
A+ A-
DAMASKUS - Pesawat-pesawat jet tempur Arab Saudi dilaporkan membombardir posisi milisi pro-Iran di kota Albu Kamal, Suriah timur yang berbatasan dengan Irak. Serangan itu diduga sebagai pembalasan setelah kilang minyak terbesar Aramco Saudi diserang secara besar-besaran, di mana Amerika Serikat menuduh Iran sebagai pelakunya.

Laporan serangan jet-jet tempur Riyadh itu diungkap surat kabar Independent Arabia dengan mengutip sumber Barat. Sumber yang dikutip mengatakan operasi Saudi mengakibatkan para milisi tewas dan luka serta beberapa gudang senjata, yang di dalamnya mencakup rudal dan drone, hancur.

"Jet tempur Saudi, termasuk jet (dari negara lain) memantau perubahan posisi milisi Iran, terutama yang dilakukan Pasukan Quds di Albu Kamal dan daerah lain di perbatasan Irak-Suriah, menghancurkan gudang, baterai, rudal, dan pangkalan drone yang diyakini akan digunakan oleh Iran untuk menyerang target Saudi lainnya setelah menargetkan Aramco," kata sumber tersebut yang menolak disebutkan namanya, yang dilansir Al Arabiya, Kamis (19/9/2019).



Laporan itu mengatakan bahwa pesawat tak dikenal berkeliaran di wilayah udara kota Albu Kamal dan daerah-daerah yang dikendalikan milisi Iran pada hari Rabu (18/2019).

Sehari sebelumnya, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia mengatakan serangan udara pada Selasa malam menewaskan 10 milisi Irak pro-Iran di Albu Kamal. Namun, kelompok pemantau krisis Suriah itu tidak menyebutkan siapa pelaku serangan.

Laporan Independent Arabia mencatat bahwa serangan di Albu Jamal adalah yang kedua pada bulan ini dengan target milisi Iran dan milisi pro-Iran.

Seorang koresponden Al Arabiya mengatakan bahwa ledakan terdengar di kota Irak Qa'im pada hari Selasa di dekat perbatasan Suriah sekitar pukul 12.30 pagi.

Militer Arab Saudi belum berkomentar atas laporan tersebut. Militer Iran dan Suriah juga belum mengomentari laporan adanya serangan udara di Albu Kamal.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak