Gadis 10 Tahun Meninggal Terinfeksi Amoeba Pemakan Otak

Selasa, 17 September 2019 - 10:46 WIB
Gadis 10 Tahun Meninggal Terinfeksi Amoeba Pemakan Otak
Gadis 10 Tahun Meninggal Terinfeksi Amoeba Pemakan Otak
A A A
TEXAS - Seorang anak perempuan berusia 10 tahun meninggal di rumah sakit Texas. Ia meninggal seminggu setelah ia terinfeksi amoeba pemakan otak langka saat berenang di sungai.

Lily Mae Avant diketahui menghabiskan akhir pekan bersama keluarganya berenang di Sungai Brazos di halaman belakang rumah mereka di Whitney, Texas. Segera setelah itu, ia terserang gejala infeksi virus secara umum, sakit kepala dan demam. Namun, menurut keluarga, beberapa hari berikutnya ia mulai bertingkah aneh.

Setelah menjadi tidak koheren dan tidak responsif, Lily kemudian diterbangkan ke Cook Children's Medical Center di Fort Worth. Dokter kemudian mengatakan ia telah tertular Naegleria Fowleri, amoeba langka namun mematikan yang hidup di air tawar yang hangat seperti danau, sungai dan mata air panas. Organisme bersel tunggal ini biasanya menginfeksi perenang dengan melakukan perjalanan melalui hidung dan ke otak.

Tingkat fatalitas untuk infeksi Naegleria Fowleri adalah lebih dari 97%. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (AS), hanya empat dari 145 orang yang diketahui terinfeksi di Amerika Serikat yang selamat sejak amoeba ini pertama kali diidentifikasi pada 1960-an.

Lily diberi pil untuk melawan amoeb dan dalam keadaan koma yang diinduksi secara medis dalam apa yang menjadi pertarungan dalam hidupnya. Keluarga Lily berharap ia akan menjadi orang kelima yang selamat, tetapi kemungkinan besar tertumpuk padanya.

"Dia seorang pejuang," ayah tiri Lily, John Crawson (yang disebut keluarga sebagai ayah Lily), mengatakan kepada WFAA dalam sebuah wawancara pada Jumat malam.

"Dia lebih kuat dari siapa pun yang aku kenal," imbuhnya.

Namun pada Senin pagi, bibinya Loni Yadon mengatakan, Lily sekarang berada dalam pelukan Yesus.

"Kami ingin semua orang tahu kami menghargai doa, cinta, dan dukungan mereka," lanjut Yadon.

"Lily Mae mengubah hidup kita dan membawa persatuan ke negara yang terpecah. Sama seperti dia! Dia mencintai semua orang, dan orang-orang merasakannya bahkan melalui TV atau Facebook. Dia mengajar kita jauh lebih banyak daripada yang pernah kita ajarkan padanya," kata sang bibi seperti dikutip dari ABC, Selasa (17/9/2019).

Chris Van Deusen, Juru bicara Departemen Pelayanan Kesehatan Negara Texas, mengkonfirmasi bahwa ada kasus meningoensefalitis amoeba primer yang disebabkan oleh Naegleria Fowleri pada seorang penduduk di Kabupaten Bosque, tetapi tidak dapat memberikan rincian lebih lanjut mengenai pasien tersebut untuk alasan privasi.

"Amoeba itu sendiri, sangat umum terjadi di perairan alami, yang tidak dirawat di bagian selatan Amerika Serikat, tetapi infeksi ini sangat jarang," kata Deusen kepada ABC News dalam sebuah pernyataan.

"Sebagian besar tahun di Texas, kami memiliki nol atau satu kasus, dan ini adalah kasus pertama tahun ini," tukasnya.

Deusen mengatakan tidak diketahui mengapa hanya beberapa orang yang terinfeksi setiap tahun sementara jutaan orang yang berenang di badan air alami tidak.

"Karena organisme itu umumnya ada di danau dan sungai, kami tidak merekomendasikan orang-orang secara khusus menghindari genangan air tempat seseorang terjangkit penyakit itu," ujarnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3648 seconds (0.1#10.140)