Blackout Hantam Empat Negara, Amerika Tengah Gelap Gulita

Selasa, 17 September 2019 - 08:14 WIB
Blackout Hantam Empat Negara, Amerika Tengah Gelap Gulita
Blackout Hantam Empat Negara, Amerika Tengah Gelap Gulita
A A A
TEGUCIGALPA - Empat negara di Amerika Tengah dilanda gelap gulita setelah terjadi pemadaman listrik total (blackout), membuat jutaan orang tanpa listrik selama berjam-jam.

Honduras adalah negara yang paling terpukul akibat pemadaman listrik ini. Seluruh wilayah negara ini dan lebih dari 9 juta penduduknya terkena dampaknya. Lalu lintas menjadi kacau ketika lebih dari 600 lampu lalu lintas padam di Ibu Kota Tegucigalpa.

Leonardo Deras dari perusahaan listrik negara Honduras mengatakan pada konferensi pers bahwa pemadaman terjadi karena kelebihan daya di sebuah gardu induk di pantai Karibia seperti dikutip dari VOA, Selasa (17/9/2019).

Sementara itu presiden perusahaan transmisi tenaga negara Nikaragua, Enatrel, Salvador Mansell mengatakan pemdaman listrik menghantam Ibu Kota negaranya, Managua, dan departemen utama atau provinsi.

Ada sekitar 600.000 pelanggan yang membayar listrik di negara ini. Layanan internet dan distribusi air di beberapa bagian Ibu Kota, yang bergantung pada pompa, ikut padam.

El Salvador dan Guatemala juga mengalami pemadaman listrik sebagian.

Listrik mulai menyala pada sore hari. Pemerintah Honduras mengatakan proses itu akan memakan waktu tiga atau empat jam.

Untuk diketahui, keempat negara tersebut ditambah Kosta Rika dan Panama telah berbagi jaringan listrik yang terhubung sejak akhir 1980-an.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3922 seconds (0.1#10.140)