alexametrics

Dituding AS Dalangi Serangan Kilang Minyak Saudi, Iran: Itu Bohong!

loading...
Dituding AS Dalangi Serangan Kilang Minyak Saudi, Iran: Itu Bohong!
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi menyatakan, apa yang disampaikan oleh Pompeo adalah bohong. Foto/Istimewa
A+ A-
TEHERAN - Iran angkat bicara mengenai tudingan yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengenai serangan terhadap dua kilang minyak Arab Saudi. Pompeo menuding Iran di balik serangan itu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Abbas Mousavi menyatakan, apa yang disampaikan oleh Pompeo adalah bohong. Dia lalu menyebut, pernyataan itu muncul karena AS putus asa, setelah apa yang disebut Washington tekanan maksimal, ternyata tidak terlalu berpengaruh pada Iran.

"Kebijakan AS untuk memberikan tekanan maksimum, yang tampaknya gagal, membelok ke arah kebijakan kebohongan maksimum," kata Mousavi dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (15/9).



Sebelumnya diwartakan, Pompeo menuturkan, Iran berada di balik hampir 100 serangan terhadap Arab Saudi sementara Hassan Rouhani dan Mohammad Javad Zarif berpura-pura terlibat dalam diplomasi.

"Di tengah semua seruan untuk de-eskalasi, Iran kini telah meluncurkan serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap pasokan energi dunia. Tidak ada bukti serangan datang dari Yaman," ucapnya.

Pompeo kemudian menyerukan seluruh dunia untuk mengecam serangan tersebut. Dia juga mengatakan bahwa AS akan bekerjasama dengan sejumlah negara untuk memastikan pasokan minyak dunia aman pasca serangan tersebut.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak