Erdogan PeDe AS Tidak Akan Jatuhkan Sanksi kepada Turki

Sabtu, 14 September 2019 - 03:21 WIB
Erdogan PeDe AS Tidak Akan Jatuhkan Sanksi kepada Turki
Erdogan PeDe AS Tidak Akan Jatuhkan Sanksi kepada Turki
A A A
ANKARA - Pesiden Turki, Recep Tayyep Erdogan, menyatakan tidak rasional bagi Amerika Serikat (AS) untuk menjatuhkan sanksi kepada negaranya. Ia menekankan bahwa ikatan pribadinya dengan Presiden AS Donald Trump dapat mengatasi potensi dijatuhkannya sanksi atas pembelian sistem S-400 Rusia dan kesepakatan terkait dengan Halkbank Iran.

"Saya mengatakan apa pun paket S-400 yang kami dapatkan, kami dapat membeli sejumlah rudal Patriot dari Anda. Namun saya mengatakan kami harus melihat kondisi yang paling tidak sesuai dengan S-400," kata Erdogan.

"Menurut pendapat saya, negara seperti AS tidak akan ingin melukai lagi sekutunya Turki. Ini bukan perilaku rasional," imbuhnya seperti dikutip dari Sputnik, Sabtu (14/9/2019).

Pernyataan itu muncul setelah Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pada 9 September lalu bahwa Washington sedang mempertimbangkan menjatuhkan sanksi terhadap Turki atas pembelian sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia.

AS telah berulang kali memprotes pembelian S-400 oleh Ankara. AS mengatakan bahwa sistem senjata itu tidak sesuai dengan standar keamanan NATO dan dapat membahayakan operasi jet tempur F-35 generasi kelima yang baru.

Washington pada bulan Juli telah menangguhkan partisipasi Turki dalam program F-35 internasional atas pembelian S-400, menambahkan bahwa negara itu akan sepenuhnya dihapus dari proyek tersebut pada akhir Maret 2020.

Pada akhir Agustus, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan bahwa pemerintahnya dan Moskow sedang melakukan negosiasi terkait potensi akuisisi pesawat tempur Rusia Su-57.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3574 seconds (0.1#10.140)