Presiden Jerman: Habibie Sosok Luar Biasa

Jum'at, 13 September 2019 - 20:27 WIB
Presiden Jerman: Habibie Sosok Luar Biasa
Presiden Jerman: Habibie Sosok Luar Biasa
A A A
BERLIN - Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier dalam sebuah surat kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya BJ. Habibie. Dalam suratnya, Steinmeir menyebut Habibie sebagai sosok luar biasa.

Steinmeir dalam suratnya, seperti dikutip Sindonews dari siaran pers Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, mengatakan dia sangat sedih ketika mendapat kabar Habibie telah tutup usia. Dia kemudian menyampaikan simpati tulus kepada keluarga dan kerabat Habibie, dan juga untuk bangsa Indonesia.

"Habibie adalah seorang pria yang mengabdikan seluruh hidupnya untuk melayani negaranya dan memberikan kontribusi luar biasa bagi tanah airnya. Dia membuka jalan menuju demokrasi di Indonesia," tulis Steinmeir.

"Sepanjang hidupnya, Habibie juga bekerja secara khusus untuk memupuk hidup berdampingan secara damai antara agama dan budaya, dengan pertukaran dan saling menghormati yang berfungsi sebagai motivasi dan kekuatan penuntun untuk tindakannya," sambungnya.

Dia menuturkan, Habibie merasakan hubungan yang begitu mendalam dengan Jerman dan budaya dan tradisi Jerman sehingga negara itu terasa seperti rumah kedua baginya. Sejak menjadi mahasiswa di Aachen, papar Steinmeir, Habibie mempertahankan hubungan dekat dan memiliki banyak teman di Jerman.

"Karena itu Jerman berutang banyak padanya. Dia mencapai hal-hal luar biasa dan melakukan lebih dari siapa pun untuk membina hubungan dekat dan hangat antara negara dan rakyat kita. Sebagai hasilnya, ia dianugerahi Grand Cross 1st Class of Order of Merit dari Republik Federal Jerman," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4035 seconds (0.1#10.140)