alexametrics

BJ Habibie Wafat, Sejumlah Perwakilan Negara Sahabat Ucapkan Belasungkawa

loading...
BJ Habibie Wafat, Sejumlah Perwakilan Negara Sahabat Ucapkan Belasungkawa
Sejumlah perwakilan negara sahabat menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya mantan presiden BJ Habibie. Foto/Dok.Sindonews
A+ A-
JAKARTA - Sejumlah perwakilan negara sahabat yang berada di Jakarta turut menyampaikan ucapan belasungkawa atas wafatnya mantan Presiden BJ Habibie. Ucapan belasungkawa itu disampaikan melalui akun Twitter resmi perwakilan diplomatik negara-negara sahabat.

Salah satunya adalah Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia. "Turut berduka cita atas meninggalnya Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ Habibie. Doa kami menyertai keluarga dan seluruh bangsa Indonesia," bunyi cuitan Kedubes Inggris.

Tweet ini kemudian di-retweet oleh Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins. Dalam cuitannya, Jenkins belasungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya BJ Habibie. Ia menyebut presiden ketiga Indonesia itu sebagai seorang negarawan dan seorang teman bagi Inggris.



"Dia akan sangat dirindukan," kata Jenkins seperti dikutip Sindonews dari akun Twitternya, Kamis (12/9/2019)

Ucapan belasungkawa juga datang dari Kedutaan Besar Jerman. Negara Bavaria ini punya arti khusus karena di negara inilah BJ Habibie menuntut ilmu dan mendapatkan gelar insinyur. Dia menghabiskan hampir dua dekade bekerja untuk perusahaan pemmbuat pesawat Jerman Messerschmitt-Boelkow-Blohm, sebelum kembali ke Indonesia pada tahun 1974 untuk membantu Soeharto untuk mewujudkan industrialisasi ekonomi.

"Kami menerima berita wafatnya Presiden ke-3 RI Y.M. B.J. #Habibie dgn kesedihan&kepedihan yg mendalam. Belasungkawa sedalam-dalamnya kpd keluarga yg ditinggalkan. Y.M. Presiden Habibie telah luar biasa berjasa bagi Indonesia & persahabatan Indonesia-Jerman. Rasa terima kasih kami yg abadi. #RIP," cuit Kedubes Jerman.

Ucapan belasungkawa juga datang dari Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia.

"Kedutaan Besar Malaysia, Jakarta menyampaikan rasa dukacita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya Mantan Presiden RI Bpk BJ Habibie yang kita semua hormati dan sanjungi. Semoga roh beliau dirahmati Allah SWT. Al-Fatihah," kata Kedubes Malaysia di akun Twitter.

Akun Twitter Kedubes Malaysia bahkan mengunggah sebuah foto lama yang menunjukkan pertemuan antara almarhum BJ Habibie dengan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad. Dalam foto tersebut terlihat keakraban antara Mahathir dan almarhum.

"Satu kenangan manis yang tidak boleh dilupakan. Kemesraan yang jelas di antara Tun Mahathir dan Pak Habibie suatu ketika dahulu. Seorang sahabat akrab buat Malaysia. Selamat jalan Eyang Rudy. Satu kehilangan yang amat besar buat kita semua," bunyi caption dalam foto tersebut.

Mantan presiden ketiga Indonesia BJ Habibie wafat di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, setelah menjalani perawatan intensif sejak 1 September lalu. Kabar wafatnya Habibie disampaikan langsung oleh putra keduanya Thareq Kemal Habibie.

Rencananya jenazah BJ Habibie akan dimakamkan hari ini di Taman Makam Pahlawan, bersebelahan dengan istri tercinta, Ainun, yang telah lebih dulu meninggal pada 2010 lalu.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak