alexametrics

Trump Buka Kemungkinkan Longgarkan Sanksi Iran

loading...
Trump Buka Kemungkinkan Longgarkan Sanksi Iran
Foto/Ilustrasi/Sindonews/Ian
A+ A-
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, membuka kemungkinan untuk melonggarkan sanksi terhadap Iran. Ia juga percaya jika Iran ingin mencapai kesepakatan dengan Washington terkait program nuklirnya.

"Kita akan lihat apa yang terjadi," ujar Trump kepada wartawan di Gedung Putih ketika ditanya tentang kemungkinan Amerika Serikat akan mengurangi sanksi pada kampanye "tekanan maksimum" seperti dikutip dari Reuters, Kamis (12/9/2019).

Keputusan Trump untuk memecat penasihat keamanan nasional garis kerasnya, John Bolton, memicu spekulasi bahwa kebijakan Washington terhadap musuhnya seperti Iran dapat dikurangi.



Secara terpisah, Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan Teheran tidak akan bernegosiasi dengan Washington sementara sanksi terhadap negaranya masih ditegakkan oleh Washington.

Trump mengatakan pada hari Rabu bahwa sangat sangat berbahaya bagi Iran untuk memperkaya uranium, langkah kunci dalam mengembangkan senjata nuklir. "Saya yakin mereka ingin membuat kesepakatan," ujarnya

"Jika mereka melakukannya, itu bagus. Jika tidak, itu bagus juga,"katanya.

"Mereka memiliki kesulitan keuangan yang luar biasa dan sanksi semakin mempersulit," imbuhnya.

Trump dan Menteri Luar Negeri Mike Pompeo mengatakan terbuka untuk bertemu dengan Rouhani, kemungkinan pada pertemuan Majelis Umum PBB akhir bulan ini.

Ditanya apakah dia melihat pertemuan seperti itu, Trump mengatakan kepada wartawan bahwa dia tidak melihat apa pun.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak