alexametrics

Perempuan 74 Tahun Lahirkan Bayi Kembar, Ibu Baru Tertua di Dunia

loading...
Perempuan 74 Tahun Lahirkan Bayi Kembar, Ibu Baru Tertua di Dunia
Erramatti Mangayamma, 74, perempuan India yang melahirkan bayi kembar hasil program IVF atau bayi tabung. Foto/Newslions Media/MEGA
A+ A-
GUNTUR - Seorang perempuan berusia 74 tahun di India tercatat sebagai ibu baru tertua di dunia setelah melahirkan bayi kembar hasil program in vitro fertilisation (IVF) atau bayi tabung.

Erramatti Mangayamma melahirkan bayi kembar perempuan yang sehat. Bayi itu dihasilkan melalui IVF dengan suaminya, Raja Rao, 78.

Perempuan asal Negara Bagian Andhra Pradesh itu hamil setelah menjalani proses IVF. Dia mengaku terinspirasi untuk mencoba memiliki bayi bersama suaminya setelah seorang tetangga hamil pada usia 55 tahun.



Erramatti mengalami menopause 30 tahun yang lalu. Persalinannya di usia 74 tahun telah menyalip pemegang rekor dunia untuk ibu baru tertua yang dipegang oleh Maria del Carmen Bousada de Lara asal Spanyol. Lara melahirkan bayi kembar pada usia 66 tahun pada 2006 lalu.

Klinik IVF di kota Guntur membayar sebagian besar prosedur IVF yang dijalani Erramatti dan suaminya. Klinik itu percaya bahwa prosesnya akan menjadi pencapaian bersejarah yang luar biasa.

Erramatti tetap di rumah sakit dan dipantau selama sembilan bulan penuh selama kehamilannya.

"Saya tidak bisa mengungkapkan perasaan saya dengan kata-kata. Bayi-bayi ini melengkapi saya. Penantian saya selama enam dekade akhirnya berakhir. Sekarang, tidak ada yang menyebut saya mandul lagi," katanya, dikutip Daily Mirror, Kamis (5/9/2019) malam.

"Saya berpikir untuk mengambil bantuan prosedur IVF setelah seorang tetangga hamil pada usia 55 tahun," katanya lagi.

Ibu baru tertua di dunia itu melahirkan di bawah perawatan dokter Umashankar. Dokter itu mengatakan apa yang terjadi merupakan "kejutan" ketika ia didekati pensiunan perempuan itu pada tahun lalu.

Dia menambahkan perawatan terhadap Erramatti merupakan tantangan.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak