Skotlandia Cari Jasad Penyihir Wanita yang Meninggal 315 Tahun Silam

Rabu, 04 September 2019 - 02:20 WIB
Skotlandia Cari Jasad Penyihir Wanita yang Meninggal 315 Tahun Silam
Skotlandia Cari Jasad Penyihir Wanita yang Meninggal 315 Tahun Silam
A A A
TORRYBURN - Para pejabat di Skotlandia meluncurkan pencarian sisa-sisa jasad seorang penyihir wanita yang telah meninggal 315 tahun silam.

Penyihir bernama Lilias Adie semasa hidupnya mengaku berhubungan seks dengan iblis. Dia meninggal di sebuah penjara di Skotlandia pada tahun 1704.

Adie berasal dari desa Torryburn di Skotlandia Timur. Menurut para peneliti, dia diyakini berusia 60-an tahun pada saat kematiannya.

Pada 31 Agustus, yang menandai peringatan 315 tahun kematiannya, pejabat pemerintah setempat dari Fife Council (Dewan Fife) di Skotlandia meletakkan karangan bunga di situs pemakamannya dan meluncurkan kampanye untuk menemukan sisa-sisa jasadnya.

Adie dimakamkan di pantai Torryburn di bawah batu besar. Penguburan seperti itu membuat penduduk setempat dihantui sang penyihir.

Tulang-tulangnya pernah digali untuk dipelajari pada abad ke-19. Tengkorak Adie bahkan dibawa ke Saint Andrews University Museum, tempat foto itu diambil lebih dari 100 tahun yang lalu. Namun, sejak itu semua sisa-sisa jasad sang penyihir itu tak diketahui jejaknya.

Fife Council mencatat bahwa tengkorak Adie pernah dipamerkan di Glasgow pada tahun 1938. Namun, sekarang tidak ada satupun sisa jasadnya yang dapat dilacak.

“Penting untuk mengetahui bahwa Lilias Adie dan ribuan pria dan wanita lainnya yang dituduh melakukan sihir di Skotlandia modern bukanlah kejahatan yang digambarkan oleh orang-orang jahat. Mereka adalah korban yang tidak bersalah dari masa-masa yang tidak tercerahkan," kata Anggota Dewan setempat, Julie Ford, saat upacara peletakan karangan bunga di pantai Torryburn.

"Sudah saatnya kita mengenali ketidakadilan yang terjadi pada mereka," ujarnya, dikutip dari Fox News, Rabu (4/9/2019).

“Saya berharap dengan meningkatkan profil Lilias kita dapat menemukan (sisa-sisa) jasadnya yang hilang dan memberi mereka istirahat yang bermartabat yang layak mereka terima," imbuh dia.

Gambar tengkorak Adie disimpan di Perpustakaan Nasional Skotlandia dan digunakan untuk membuat rekonstruksi 3D wajah Adie pada tahun 2017.

Pusat Anatomi dan Identifikasi Manusia Universitas Dundee bekerja dengan acara BBC Radio Scotland Time Travels untuk menciptakan kembali fitur Adie.

Para ahli percaya bahwa wajah Adie adalah satu-satunya persamaan akurat dari "penyihir" Skotlandia yang ada. Karena sebagian besar dibakar, para ilmuwan tidak dapat menggunakan tengkorak mereka untuk merekonstruksi wajah mereka.

Pejabat Fife mencatat bahwa makam Adie adalah satu-satunya contoh yang dikenal dari pemakaman "revenant" di Skotlandia, di mana pemakaman itu dirancang untuk mencegah orang meninggal bangkit dari kubur.

Skotlandia terus mengungkapkan aspek baru dari sejarahnya yang kaya. Para arkeolog, misalnya, baru-baru ini menemukan ruang minum Viking kuno di sebuah pulau terpencil di kepulauan Orkney Skotlandia.

Awal tahun ini, seorang anak sekolah berusia 14 tahun membantu mengungkap ukiran batu abad pertengahan yang telah lama hilang di kuburan sebuah gereja di Glasgow.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4525 seconds (0.1#10.140)