PM Jepang Berencana Rombak Kabinet

Selasa, 03 September 2019 - 00:52 WIB
PM Jepang Berencana Rombak Kabinet
PM Jepang Berencana Rombak Kabinet
A A A
TOKYO - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan akan merombak kabinetnya pada pekan depan. Hal ini diungkapkan Abe setelah pertemuan penghubung pemerintah dan partai-partai koalisi yang berkuasa, Senin (2/9).

"Saya ingin memilih barisan yang dapat memastikan stabilitas dan menghadapi tantangan baru," kata Abe, seperti dikutip dari Xinhua. Ia juga mengungkapkan akan menanggapi dukungan publik yang kuat, yang ditunjukkan dalam pemilihan Majelis Tinggi dan untuk melaksanakan semua kebijakan yang telah dijanjikannya.

Menurut beberapa sumber, Abe yang juga mengepalai Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa, diperkirakan akan melakukan perombakan pada 10 September atau 12 September. Sumber yang dekat dengan masalah ini juga mengatakan, susunan eksekutif LDP juga akan diubah, mungkin pada 10 September.

Abe diperkirakan akan mempertahankan sekutu dekatnya, Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihide Suga dan Wakil Perdana Menteri Taro Aso, yang merangkap sebagai Menteri Keuangan. Sementara Sekretaris Jenderal LDP Toshihiro Nikai, yang telah memegang jabatannya selama lebih dari tiga tahun, dan Menteri Revitalisasi Ekonomi Toshimitsu Motegi kemungkinan akan digeser ke posisi lain.

Beberapa sumber yang dekat dengan masalah ini juga percaya, bahwa Kepala Kebijakan LDP Fumio Kishida mungkin juga akan ditugaskan kembali. Sementara Shinjiro Koizumi, putra mantan PM Jepang Junichiro Koizumi, bisa masuk dalam kabinet.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3615 seconds (0.1#10.140)