alexametrics

Paus Fransiskus Terjebak Dalam Lift Selama 25 Menit di Vatikan

loading...
Paus Fransiskus Terjebak Dalam Lift Selama 25 Menit di Vatikan
Pemimpin Vatikan Paus Fransiskus. Foto/REUTERS
A+ A-
VATIKAN - Paus Fransiskus (Francis) terjebak di dalam lift selama 25 menit di Vatikan. Dia akhirnya diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran.

Paus meminta maaf kepada umat Nasrani yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus pada hari Minggu karena datang terlambat tujuh menit ke pertemuan rutin tersebut.

Pemimpin Vatikan ini mengatakan penurunan tegangan listrik menjadi penyebab insiden itu. Dia mengaku diselamatkan oleh para petugas pemadam kebakaran Takhta Suci dan meminta orang-orang di lapangan untuk bertepuk tangan kepada para petugas.



Dalam pidatonya ia menantang pemerintah untuk mengambil langkah drastis untuk memerangi pemanasan global dan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Menurutnya, dunia mengalami keadaan darurat iklim.

Dia mengeluarkan permohonan tertulis untuk Sunday’s World Day of Prayer for the Care of Creation, menjelang KTT Aksi Iklim PBB bulan ini di New York. KTT itu merupakan tindak lanjut Perjanjian Paris 2016 untuk mengekang pemanasan global.

Paus menyebut KTT PBB di New York sangat penting. "Di sana, pemerintah akan memiliki tanggung jawab untuk menunjukkan kemauan politik untuk mengambil langkah-langkah drastis untuk mencapai secepat mungkin nol emisi gas rumah kaca bersih dan untuk membatasi kenaikan rata-rata suhu global hingga 1,5 derajat Celcius sehubungan dengan tingkat pra-industri, sesuai dengan tujuan Perjanjian Paris," katanya, dikutip The Guardian.

Paus juga mengumumkan bahwa ia akan mengangkat 13 uskup Katolik Roma menjadi kardinal bulan depan. Mereka berasal dari sejumlah negara termasuk Indonesia, Kuba, Luksemburg, Maroko dan Republik Demokratik Kongo.
(mas)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak