Trump Bakal Pertahankan Tentara AS di Afghanistan

Kamis, 29 Agustus 2019 - 23:47 WIB
Trump Bakal Pertahankan Tentara AS di Afghanistan
Trump Bakal Pertahankan Tentara AS di Afghanistan
A A A
WASHINGTON - Presiden Donald Trump mengatakan bahwa jumlah pasukan Amerika Serikat (AS) di Afghanistan dikurangi menjadi 8.600. Namun, pasukan AS akan tetap berada di negara itu bahkan jika Washington mencapai kesepakatan dengan Taliban untuk mengakhiri perang selama 18 tahun.

"Oh ya, Anda harus tetap hadir," kata Trump dalam sebuah wawancara dengan radio Fox News.

"Kita akan tetap hadir di sana. Kita mengurangi kehadiran itu dengan sangat substansial dan kita akan selalu memiliki kehadiran. Kita akan memiliki intelijen yang tinggi," imbuhnya seperti dikutip dari Reuters, Kamis (29/8/2019).

Trump mengatakan tingkat kekuatan AS di Afghanistan dikurangi menjadi 8.600. "Dan kemudian kami membuat keputusan dari sana mengenai apa yang terjadi," imbuhnya.

Trump telah lama menyerukan diakhirinya keterlibatan AS di Afghanistan, menulis di Twitter tujuh tahun lalu bahwa perang itu "benar-benar sia-sia" dan enam tahun lalu bahwa "kita harus segera meninggalkan Afghanistan."

Sejak menjadi presiden pada Januari 2017, dia telah berulang kali mengatakan dia bisa mengakhiri perang Afghanistan dengan cepat jika dia tidak keberatan membunuh jutaan orang, sebuah klaim yang dia ulangi dalam wawancara dengan radio Fox News.

"Kita bisa memenangkan perang itu begitu cepat jika saya ingin membunuh 10 juta orang yang tidak saya lakukan. Saya tidak ingin membunuh sebagian besar negara itu," kata Trump.

Dia membantah jika AS dikatakan bertindak terlalu cepat dengan mengurangi jumlah pasukan, sesuatu yang dia kecam dari pendahulunya, Barack Obama, karena melakukan hal itu di Irak.

"Kita harus mengawasi Afghanistan, tetapi kita menurunkannya (jumlah pasukan)," katanya.

Trump memperingatkan bahwa setiap serangan kembali terhadap AS dari wilayah Afghanistan akan membawa respons besar-besaran.

"Kami akan kembali dengan kekuatan yang belum pernah mereka lihat sebelumnya," kata Trump kepada radio Fox News.

Sekitar 14.000 tentara AS saat ini berada di Afghanistan, sekitar 5.000 di antaranya didedikasikan untuk operasi kontra pemberontakan.

Taliban mengatakan pada hari Rabu bahwa kelompok itu sudah dekat dengan "perjanjian akhir" dengan para pejabat AS mengenai kesepakatan yang akan membuat pasukan AS menarik diri dari Afghanistan. Sebagai imbalan, Taliban berjanji bahwa negara itu tidak akan menjadi surga bagi kelompok-kelompok militan Islam lainnya.

"Kami berharap akan mendapat kabar baik segera bagi negara Muslim kami yang mencari kemerdekaan," kata juru bicara kantor politik Taliban di Doha Qatar, Suhail Shaheen.

Baik negosiator AS dan Taliban telah melaporkan kemajuan dalam pembicaraan mereka dalam beberapa minggu terakhir, meningkatkan prospek diakhirinya konflik. Perwakilan khusus AS untuk perdamaian di Afghanistan, Zalmay Khalilzad, akan melakukan perjalanan dari Doha ke Kabul minggu ini untuk pertemuan dengan para pemimpin Afghanistan.

AS menginvasi Afghanistan pada tahun 2001 dan menggulingkan para pemimpin Taliban setelah mereka menolak untuk menyerahkan anggota kelompok militan al Qaeda di belakang serangan 11 September di World Trade Center dan Pentagon.

Pada hari Rabu, perwira tinggi militer AS, Jenderal Marinir Joseph Dunford, mengatakan kepada wartawan bahwa masih terlalu dini untuk berbicara tentang masa depan pasukan kontraterorisme AS di Afghanistan.

"Saya benar-benar berpikir mungkin terlalu dini untuk berbicara tentang bagaimana kehadiran (pasukan) kontraterorisme kita di Afghanistan atau mungkin tidak tanpa apresiasi yang lebih baik untuk kondisi apa yang akan terjadi," kata Dunford, ketua Kepala Staf Gabungan.

Dia mengatakan bahwa dalam lingkungan keamanan saat ini, pasukan keamanan lokal Afghanistan membutuhkan dukungan AS untuk menangani kekerasan.

"Jika kesepakatan terjadi di masa depan, jika lingkungan keamanan berubah, maka jelas postur kami dapat menyesuaikan," kata Dunford.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4698 seconds (0.1#10.140)