alexametrics

Jet Tempur Su-35 Rusia Dilaporkan Cegat F-16 Turki di Langit Suriah

loading...
Jet Tempur Su-35 Rusia Dilaporkan Cegat F-16 Turki di Langit Suriah
Pesawat jet tempur Su-35 Rusia. Foto/REUTERS
A+ A-
DAMASKUS - Dua pesawat jet tempur Su-35 Rusia dilaporkan mencegat beberapa pesawat tempur F-16 Angkatan Udara Turki di atas wilayah udara atau langit Idlib, Suriah. Pesawat-pesawat tempur Ankara buatan Amerika Serikat (AS) itu dipaksa meninggalkan wilayah udara Suriah.

Kejadian itu terjadi 19 Agustus 2019, namun baru diungkap publikasi penerbangan Avia.Pro, Selasa (20/8/2019).

Menurut laporan tersebut, jet-jet tempur Turki terpaksa meninggalkan wilayah udara Idlib setelah menempuh jarak 30 hingga 40 kilometer. Hal itu menunjukkan bahwa pilot Ankara menerima peringatan dari Moskow atau melihat pesawat tempur Rusia berada di layar radar F-16.



Setelah insiden itu, kedua jet tempur Su-35 Rusia terlihat di sekitar kota Khan Shaykhun. Pesawat militer Rusia lepas landas dari Pangkalan Udara Khmeimim untuk mencegah pesawat-pesawat Turki dari aksi petualangan.

"Jet-jet tempur Su-35 mengawal dan menjaga Angkatan Udara Suriah ketika mereka menyerang Khan Shaykhun setelah ancaman dari Turki," tulis Avia.Pro, yang mengutip saluran Telegram militer.

Laporan itu belum dikonfirmasi baik oleh militer Moskow maupun Ankara. Namun, militer Turki memang mengirim dua konvoi besar ke pinggiran utara Khan Shaykhun setelah pasukan pemberontak yang merupakan sekutu Ankara kehilangan banyak wilayah setelah serbuan Tentara Republik Arab Suriah loyalis Presiden Bashar al-Assad di sekitar kota tersebut.

Sekadar diketahui sistem pertahanan udara Suriah dan Turki telah menjatuhkan satu sama lain pesawat tempur selama konflik Suriah, dengan insiden terbaru pada 2017.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak