alexametrics

Tokoh Pemuda, Seniman dan CEO Pakai Pakaian Tradisional Ethiopia Hadiri HUT RI di Addis Ababa

loading...
Tokoh Pemuda, Seniman dan CEO Pakai Pakaian Tradisional Ethiopia Hadiri HUT RI di Addis Ababa
Tokoh pemuda, seniman, dan CEO memakai pakaian tradisional Ethiopia saat menghadiri HUT RI di KBRI Addis Ababa. Foto/KBRI Addis Ababa
A+ A-
ADDIS ABABA - Semarak upacara bendera dalam rangka perayaan HUT ke-74 RI di KBRI Addis Ababa ditandai oleh pemandangan yang luar biasa, tidak hanya penghormatan terhadap bendera merah putih yang dinaikkan oleh staf KBRI Addis Ababa. Sebagian besar dari hampir seratus tokoh pemuda dan seniman Ethiopia juga mengenakan pakaian tradisional mereka yang kaya makna dan berwarna-warni.

Hal itu dikatakan oleh Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, Al Busyra Basnur, yang berkedudukan di Addis Ababa setelah memimpin upacara bendera di KBRI Addis Ababa, 17 Agustus 2019. Upacara dihadiri oleh sekitar 150 orang yang terdiri dari pejabat dan staf KBRI Addis Ababa, masyarakat Indonesia serta tokoh pemuda dan seniman Ethiopia.

“Saya sengaja memakai pakaian tradisional Ethiopia pada acara HUT RI di KBRI Addis Ababa untuk menunjukkan bahwa Ethiopia dan Indonesia dekat, bersahabat satu," kata Shilah, seorang tokoh pemuda Ethiopia.



“Senang diundang menghadiri upacara HUT RI di KBRI Addis Ababa. Karena ini acara formal, saya memakai pakaian tradisional Ethiopia," kata Merlin, juga tokoh pemuda dan bekerja sebagai designer, dalam rilis yang diterima Sindonews, Minggu (18/8/2019).

Direktur Theater Nasional Ethiopia, Ghasau, secara jujur mengatakan bahwa selama ini tidak tahu banyak tentang Indonesia. Padahal dia sudah mengunjungi berbagai negara di Eropa.

“Saya baru tahu banyak tentang Indonesia setelah saya diundang ke KBRI Addis Ababa pada hari ini. Apalagi galeri foto disini berbicara banyak tentang Indonesia”, katanya merujuk kepada galeri foto KBRI Addis Ababa.

Ghasau mengenal Duta Besar Al Busyra Basnur di gedung teater kota Addis Ababa beberapa waktu lalu ketika Al Busyra membacakan puisi dihadapan 90 orang seniman terkemuka Addis Ababa.

Pada rangkaian acara peringatan HUT RI tersebut, seorang komedian terkenal di Addis Ababa, Assefa Basha, ikut tampil di panggung membawakan beberapa komedi dalam Bahasa Inggris dan bahasa nasional setempat, Amharic. Penampilan Assefa disambut hangat orang hadirin.

Ketika ramah tamah dengan Duta Besar RI, para pemuda, seniman dan CEO Ethiopa menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kemerdekaan RI. Ucapan yang sama juga diterima oleh Duta Besar RI dari pejabat tinggi pemerintah, tokoh masyarakat dan pimpinan Lembaga Swadaya Masyarakat setempat. Sementara itu, resepsi diplomatik kemerdekaan RI akan dilaksanakan pada minggu pertama Oktober 2019.

Upacara bendera dalam rangka HUT ke-74 di KBRI Addis Ababa juga dihadiri oleh CEO perusahaan Indonesia di Ethiopia, tokoh agama, alumni penerima beasiswa dari pemerintah Indonesia dan wartawan setempat. Pada kesempatan itu, Duta Besar RI menyerahkan piagam penghargaan atas pengabdian kepada delapan orang staf KBRI Addis Ababa yang telah bekerja lebih 25 tahun.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak