alexametrics

Putri Christina Asal Belanda Tutup Usia

loading...
Putri Christina Asal Belanda Tutup Usia
Putri Christina. Foto/Istimewa
A+ A-
AMSTERDAM - Putri Christina meninggal pada usia 72 tahun setelah menderita kanker tulang. Demikian pengumuman yang dikeluarkan pihak kerajaan Belanda.

Putri Christina adalah saudara perempuan termuda dari Ratu Beatrix yang memerintah Belanda sampai dia turun tahta pada tahun 2013 lalu. Lahir hampir buta pada tahun 1947, Maria Christina, putri Orange-Nassau, adalah putri keempat Ratu Juliana dan Pangeran Bernhard.

"Kami sedih melihat kematian saudara perempuan dan bibi kami," kata keluarga kerajaan dalam sebuah tweet.



"Christina memiliki kepribadian yang mencolok dan hati yang besar," kata Raja Willem-Alexander, Ratu Maxima dan puteri Beatrix.

"Kami menghargai banyak kenangan indah tentangnya," bunyi pesan itu seperti dikutip dari AFP, Jumat (16/8/2019).

Semasa hidupnya, Putri Christina diketahui mengembangkan kecintaannya terhadap musik dan lagu, dan kehidupan di luar istana. Christina menikah dengan guru asal Kuba yang diasingkan, Jorge Guillermo, pada tahun 1975, meninggalkan hak suksesinya. Mereka memiliki tiga anak sebelum bercerai pada tahun 1996.

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, mengingat sang putri sebagai sosok dengan kepribadian yang hangat dan menyuarakan kesedihannya dalam sebuah pernyataan.

Pihak kerajaan Belanda mengatakan Putri Christina akan dikremasi secara pribadi.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak