alexametrics

Pemberontak Klaim Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah di Idlib

loading...
Pemberontak Klaim Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah di Idlib
Ilustrasi
A+ A-
DAMASKUS - Kelompok pemberontak Suriah, Hayat Tahrir al-Sham, mengklaim telah menembak jatuh jet tempur milik militer Suriah, Rabu (14/8). Jet Sukhoi 22 yang ditembak jatuh itu hendak lepas landas dari pangkalan udara Suriah di provinsi Idlib.

Jet itu jatuh di dekat Khan Sheikhoun, sebuah kota yang dikuasai pemberontak. Seperti dilaporkan Jpost, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia menyebut, nasib pilot pesawat tersebut tak diketahui. Klaim ini belum mendapat tanggapan dari pemerintah Suriah.

Hayat Tahrir al-Sham adalah kelompok pemberontak paling kuat yang bercokol di wilayah tersebut. Di hari yang sama, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan, militer Suriah telah mencapai pinggiran kota Khan Khan Sheikhoun, setelah sebelumnya menguasai sejumlah wilayah daerah di pedesaan selatan Idlib.



Saat ini, militer Suriah berupaya untuk bergerak lebih dekat ke sisi timur kota. Sejak awal pekan ini, lebih dari 100 pejuang dari kedua belah pihak telah tewas akibat serangan udara yang sedang berlangsung di daerah-daerah yang dikuasai pemberontak di Idlib.

Idlib, serta wilayah pedesaan utara Hama, termasuk dalam kesepakatan zona de-eskalasi yang dicapai antara Rusia dan Turki September lalu. Sesungguhnya, kesepakatan itu telah gagal, meski sudah dilakukan beberapa upaya untuk menghidupkannya kembali.
(esn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak