alexametrics

Kepingan Pesawat Berjatuhan dari Langit Italia seperti Hujan Besi

loading...
Kepingan Pesawat Berjatuhan dari Langit Italia seperti Hujan Besi
Pesawat milik maskapai Norwegian. Foto/Mirror
A+ A-
ROMA - Insiden mengerikan dialami pesawat Boeing 787 yang lepas landas dari bandara Fiumicino Roma (Leonaro da Vinci), Italia. Saat mengudara, kepingan-kepingan pesawat itu berjatuhan seperti hujan besi yang melukai penduduk setempat.

Penyelidikan dari otoritas berwenang sedang diluncurkan setelah penduduk kota di Italia melaporkan ratusan kepingan dari pesawat Boeing 787 berjatuhan dari langit. Insiden itu menyebabkan kerusakan pada rumah-rumah dan mobil dan melukai setidaknya satu orang.

Kepingan pesawat yang berjatuhan seukuran kerikil. Pesawat itu diketahui berasal dari maskapai Norwegian yang lepas landas dari Bandara Leonardo da Vinci menuju Los Angeles, Amerika Serikat (AS), pada hari Sabtu. Pesawat itu dilaporkan putar balik ke bandara tersebut karena masalah teknis.



Sebagian besar kepingan pesawat berjatuhan di sekitar wilayah Isola Sacra dan mengotori kebun warga.

"Itu seperti peluru. Kemeja saya terbakar!," kata seorang saksi mata kepada surat kabar Il Messaggero.

"Itu tampak seperti hujan es yang kuat, tetapi cuaca cerah. Saya pergi ke balkon dan melihat itu adalah badai baja dan besi. Saya berteriak dan berlari ke dalam rumah," imbuh saksi mata yang lain.

Menurut sumber pemerintah kota, 25 mobil dan 12 rumah rusak.

Para warga awalnya khawatir keluar rumah, namun mereka akhirnya pergi ke jalan untuk mengambil kepingan-kepingan pesawat, sebagian besar berukuran sepuluh hingga 20 sentimeter.

Seorang pria berusia 54 tahun mengaku terkena serpihan, tetapi tidak terluka parah. Dia merasa beruntung karena masih hidup.

Wali Kota Esterino Montino mengonfirmasi insiden itu melalui sebuah pernyataan di halaman Facebook-nya. Dia menyerukan tindakan secepatnya untuk menghindari bahaya lebih lanjut.

"Sekitar pukul 16.40 sore pada hari Sabtu, sebuah pesawat yang lepas landas dari bandara Leonardo da Vinci mengalami kerusakan dan harus kembali. Namun, selama kerusakan itu, pesawat kehilangan potongan logam yang jatuh dengan kecepatan tinggi ke tanah, di Via Mariotti di Isola Sacra," tulis dia, Minggu (11/8/2019).

"Ketika jatuh, kepingan-kepingan ini menghantam mobil yang diparkir, gudang taman dan benda-benda lainnya, merusaknya. Polisi setempat, polisi negara bagian, polisi Carabinieri, (petugas) pemadam kebakaran dan petugas perlindungan sipil pergi ke lokasi," lanjut dia.

"Apa yang terjadi menegaskan masalah keamanan yang telah kami angkat pada beberapa kesempatan di forum yang sesuai. Sebagaimana pemerintahan kami telah berulang kali mengangkat masalah kompatibilitas landasan pacu."

Pihak maskapai Norwegian mengatakan kepada Euronews bahwa penerbangan dari Roma ke Los Angeles harus kembali ke bandara Fiumicino."Karena indikasi kegagalan teknis salah satu mesin," kata pihak maskapai melalui seorang juru bicara. Menurutnya, pesawat mendarat dengan selamat.
(mas)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak