alexametrics

Pernikahan Maha Vajiralongkorn dengan Suthida Sesuai Tradisi

loading...
Pernikahan Maha Vajiralongkorn dengan Suthida Sesuai Tradisi
Pernikahan Maha Vajiralongkorn dengan Suthida Sesuai Tradisi
A+ A-
PADA 1 Mei lalu, Raja Maha Vajiralongkorn menikah dengan Suthida Tijdai. Pernikahan itu berlangsung secara sah dan sesuai tradisi kerajaan. Keduanya menandatangani akta nikah di depan para tamu, termasuk saudara perempuan raja, Putri Sirindhorn, dan kepala dewan privat, Jenderal Prem Tinsulanonda.

Sang putri dan negarawan senior itu juga menandatangani akta nikah sebagai saksi upacara. Dikutip Insider, di video pernikahan itu terlihat Ratu Suthida membungkuk di hadapan raja, sebelum menandatangani dokumen pernikahan di ruang hiasan yang dipenuhi dengan emas. Pernikahan ini cukup mengejutkan Thailand dan dunia internasional.

Dikutip Global News, Raja Vajiralongkorn menikahi Suthida di istana kerajaan di Bangkok dalam upacara mewah yang disiarkan di televisi Thailand. Prosesi pernikahan berlangsung di ruangan besar penuh dengan cermin hiasan, patung-patung, dan sebuah kuil emas di Aula Ampornsathan Throne, Bangkok, sekitar pukul 16.32 waktu setempat.



Saat itu, Raja Vajiralongkorn mengenakan seragam putih bersih untuk upacara pernikahan. Sementara Suthida mengenakan gaun sutra merah muda tradisional. Pernikahan itu diumumkan dalam Royal Gazette dan cuplikan dari upacara pernikahan ditampilkan di segmen Berita Kerajaan malam hari di semua saluran televisi Thailand.

Rekaman siaran itu memperlihatkan ratu baru yang bersujud di hadapan raja sambil menawarkan nampan dupa dan bunga mengikuti tradisi kerajaan. “Karena itu, dia memberikan (gelar) kepada Jenderal Suthida Vajiralongkorn na Ayudhya dari Permaisuri ke Ratu Suthida, seperti yang sekarang,” ungkap pengumuman itu.

Setelah pengumuman kerajaan dibacakan, Ratu Suthida bersujud dan memberikan bunga kepada raja. Lalu Raja memberikan air kerajaan, “daun keberuntungan” yang diletakkan di atas telinga Suthida dan item lainnya yang berhubungan dengan kekuatan kerajaan. Tamu undangan juga tak sembarang orang.

Beberapa orang-orang terkemuka di pernikahan itu adalah Prayuth Chan-ocha, pemimpin junta militer yang telah memerintah Thailand sejak kudeta militer pada 2014. Hadir pula anggota keluarga kerajaan dan penasihat istana lainnya. Ini adalah pernikahan keempat bagi Vajiralongkorn.

Dia telah menikah tiga kali sebelumnya dan menceraikan istri ketiganya, Putri Srirasmi, pada 2014, setelah 13 tahun menikah. Raja diketahui memiliki enam anak dari pernikahan sebelumnya.
(don)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak