AS Akan Bela Israel Jika Iran Melancarkan Serangan karena Terbunuhnya Ismail Haniyeh

Rabu, 31 Juli 2024 - 15:00 WIB
loading...
AS Akan Bela Israel...
AS tetap akan membela Israel jika Iran melancarkan serangan karena terbunuhnya Ismail Haniyeh. Foto/EPA
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin mengatakan bahwa ia tidak berpikir perang di Timur Tengah tidak dapat dihindari. Tapi, dia mengatakan jika Israel diserang, AS akan membantu mempertahankannya.

“Anda melihat kami melakukan itu pada bulan April, Anda dapat mengharapkan kami melakukannya lagi,” katanya, dilansir CNN.

“Tetapi, kami tidak ingin melihat semua itu terjadi. Kami akan bekerja keras untuk memastikan bahwa kami melakukan hal-hal untuk membantu meredakan ketegangan dan mengatasi masalah melalui cara diplomatik.”

Austin mengatakan bahwa ia mengetahui laporan bahwa pemimpin politik Hamas Ismail Haniyeh terbunuh di Iran, tetapi ia tidak memberikan komentar lebih lanjut.

Austin mengatakan bahwa ia belum berbicara dengan mitranya dari Israel, Yoav Gallant, dalam 24 jam terakhir.

Ketika ditanya tentang meningkatnya ketegangan di Timur Tengah, Austin mengatakan "apa yang telah kami lihat di sepanjang perbatasan, perbatasan utara dengan Israel, dari waktu ke waktu menjadi perhatian kami."

"Sekali lagi, kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk mencegah hal-hal berubah menjadi konflik yang lebih luas di kawasan ini."



Sementara itu, analis militer Israel Brigadir Jenderal (Purn) Assaf Orion mengatakan, setiap pembalasan Hamas terhadap pembunuhan Ismail Haniyeh tidak mungkin datang dari Gaza.

"Hamas mungkin kesulitan untuk menghasilkan pembalasan yang luar biasa dari Gaza, jadi mungkin mereka akan mencoba menyerang di (Tepi Barat) atau dari sana ke Israel," kata peneliti senior di Institut Studi Keamanan Nasional Universitas Tel Aviv, dan direktur Diane & Guilford Glazer Israel-China Policy Center.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1386 seconds (0.1#10.140)