Diancam Diblokade AS, Venezuela Nyatakan Siap Perang

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 07:33 WIB
Diancam Diblokade AS, Venezuela Nyatakan Siap Perang
Diancam Diblokade AS, Venezuela Nyatakan Siap Perang
A A A
CARACAS - Venezuela menyatakan siap perang setelah Amerika Serikat (AS) mengancam akan memberlakukan blokade. Pernyataan siap tempur itu disampaikan Presiden Nicolas Maduro Moros.

"Kita semua siap untuk berperang jika ada yang mencoba memaksakan karantina atau blokade di Venezuela," kata Maduro saat pidato di sebuah acara di negara bagian La Guaira pada Jumat sore waktu setempat.

Menurutnya, ancaman blokade terhadap Venezuela hanya menunjukkan sikap putus asa dan jengkel dari pemerintah Presiden Donald Trump. "Bukan di Venezuela! Pesan saya kepada imperialisme kriminal," kata Maduro, seperti dikutip dari Russia Today, Sabtu (3/8/2019).

Dia menanggapi pernyataan Presiden AS Donald Trump pada hari Kamis di luar Gedung Putih bahwa dia mempertimbangkan blokade terhadap Venezuela karena "keterlibatan asing", yakni Rusia, China dan Iran dalam krisis di negara itu.

"Ya, benar," kata Trump, mengulangi ancaman blokade AS terhadap Venezuela. Kata-kata itu diulang Trump beberapa kali sebelum dia naik helikopter.

Maduro menambahkan, Duta Besar Venezuela untuk PBB Samuel Moncada telah diperintahkan untuk mengecam ancaman Amerika itu di depan Dewan Keamanan PBB. Dia bersumpah bahwa negaranya akan tetap bebas dan mandiri meskipun ada tekanan AS.

Amerika Serikat selama ini mengklaim berupaya untuk memulihkan demokrasi di negara warisan Hugo Chavez tersebut. Washington telah mengakui politisi oposisi Juan Guaido sebagai presiden sementara Venezuela pada Januari lalu dan menuntut pengunduran diri Maduro.

Upaya berulang-ulang dari Guaido untuk menempatkan dirinya di istana presiden telah gagal, termasuk percobaan kudeta militer pada 30 April.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4362 seconds (0.1#10.140)