Dokter Angkat 526 Gigi dari Mulut Bocah India

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 23:40 WIB
Dokter Angkat 526 Gigi dari Mulut Bocah India
Dokter Angkat 526 Gigi dari Mulut Bocah India
A A A
CHENNAI - Tim medis di kota selatan India, Chennai, mengatakan bahwa dokter berhasil mengangkat tumor berisi 526 gigi di dalam mulut seorang bocah laki-laki berusia tujuh tahun. Ini adalah jumlah rekor gigi terbanyak.

Seorang dokter di Saveetha Dental College and Hospital, tempat operasi dilakukan, Senthilnathan P mengatakan tumor seberat 200 gram (7 ons) bersarang di rahang kanan bawah bocah itu.

"Dia datang kepada kami mengeluh tentang pembengkakan di rahangnya," ujar Senthilnathan seperti dikutip dari Reuters, Jumat (2/8/2019).

Ia mengatakan bocah itu memiliki riwayat pembengkakan sejak berusia tiga tahun. "Itu adalah tumor jinak, yang kami ambil dan temukan bahwa tumor itu tertanam dengan ratusan gigi yang tidak tumbuh," ujarnya menambahkan operasi dilakukan sejak bulan lalu.

Ia juga mengatakan bahwa dokter di India percaya jika jumlah gigi itu adalah catatan rekor untuk medis global.

Tumor dengan gigi yang tidak tumbuh biasanya merupakan kondisi genetik yang juga dapat disebabkan oleh faktor eksternal seperti trauma pada gigi. "Bocah itu pulih dengan sangat baik dan dipulangkan dalam tiga hari," tambahnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4740 seconds (0.1#10.140)