alexametrics

Berlibur, Guru di Arkansas Temukan Berlian 2,12 Karat di Taman

loading...
Berlibur, Guru di Arkansas Temukan Berlian 2,12 Karat di Taman
Seorang guru asal Nebraskan menemukan berlian 2,12 karat di taman nasional AS. Foto/Istimewa
A+ A-
WASHINGTON - Guru asal Nebraska ini mungkin tidak pernah menyangka jika liburan yang tengah dinikmatinya akan menjadi keberuntungan baginya. Saat ia tengah menikmati waktu untuk melepaskan kepenatan, di saat itu pula itu menemukan sebuah berlian yang akan merubah kehidupannya.

Josh Lanik (36) tengah berlibur dengan keluarganya ketika ia menemukan berlian berwarna brendi di Crater of Diamonds State Park, Murfreesboro, Arkansan.

"Sangat jelas ada sesuatu yang berbeda tentang (benda) itu," kata Lanik, dalam siaran pers dari taman.



"Aku melihat kilauan, dan ketika aku mengambilnya dan menggulungnya di tanganku, aku perhatikan tidak ada ujung yang tajam," terangnya seperti dikutip dari CNN, Rabu (31/7/2019).

Guru dari Hebron, Nebraska, menunjukkan batu itu kepada istrinya dan kemudian meletakkan harta itu di dalam tas di mana ia mengumpulkan temuan lainnya. Keluarga itu menghabiskan waktu dua jam menyusuri area taman pencarian berlian seluas 37,5 hektar pada 24 Juli lalu. Sebelum pergi, mereka berhenti di Pusat Penemuan Berlian di taman untuk mengetahui harta apa yang telah mereka temukan.

Tanpa sepengetahuan Lanik, ia membawa berlian terbesar yang ditemukan di taman sepanjang tahun ini. Beratnya 2,12 karat.

Lebih dari 75.000 berlian telah ditemukan di taman itu sejak yang pertama ditemukan pada tahun 1906. Sejauh tahun ini, 296 berlian telah terdaftar di taman, dengan berat total 53,94 karat.

"Permata Lanik kira-kira seukuran ubur-ubur dan memiliki warna cokelat gelap, mirip dengan brendi," kata juru tafsir taman, Waymon Cox dalam rilis berita.

"Berlian ini memiliki bentuk pir alami yang indah dan sisi melengkung halus yang memberikan permata kilau metalik," jelasnya.

Cox mencatat bahwa curah hujan baru-baru ini kemungkinan berkontribusi besar pada penemuan Lanik.

"Sekitar 14 inci hujan turun di taman itu pada 16 Juli. Pada hari-hari setelah hujan, staf taman mendaftarkan sejumlah berlian yang ditemukan tepat di permukaan area pencarian, termasuk dua yang beratnya lebih dari satu karat," ungkapnya.

Taman Crater of Diamonds State Park memiliki kebijakan "finder keepers," yang artinya siapa yang menemukan dia berhak menyimpannya. Ketika ditanya apakah dia akan menjual permata miliknya, yang dijuluki Berlian Keluarga Lanik, dia memberi tahu taman bahwa dia berencana untuk menyimpannya saat ini.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak