Festival California Ditembaki dengan Senapan Semi-Otomatis

Senin, 29 Juli 2019 - 12:20 WIB
Festival California Ditembaki dengan Senapan Semi-Otomatis
Festival California Ditembaki dengan Senapan Semi-Otomatis
A A A
SACRAMENTO - Gilroy Garlic Festival, sebuah festival makanan di California ditembaki pria bersenjata pada hari Minggu waktu Amerika Serikat (AS) atau Senin (29/7/2019) WIB. Laporan terbaru menyebutkan, tiga orang tewas dan 12 orang lainnya terluka.

Saksi mata mengatakan pelaku mengumbar tembakan secara acak dengan senapan semi-otomatis. Sejumlah video yang diunggah di media sosial menunjukkan para pengunjung festival berhamburan dengan panik, beberapa dari mereka terluka bersimbah darah.

Seorang anggota dewan kota setempat, Dion Bracco, mengatakan kepada The New York Times bahwa tiga orang tewas dan 12 lainnya luka-luka dalam serangan terhadap festival di selatan San Jose tersebut. Dia tidak tahu apakah 12 korban luka termasuk tiga korban jiwa atau bukan. (Baca: Festival Makanan California Ditembaki, Orang-orang Berhamburan )

Menurut Bracco, pelaku penembakan telah ditangkap. "Mereka tidak tahu apakah ada lebih banyak, jadi mereka harus memperlakukannya sebagai situasi aktif," katanya kepada surat kabar itu. "Kami punya polisi di sini dari jauh seperti San Jose."

Sebelumnya diberitakan bahwa 11 orang terluka dalam penembakan tersebut. Data ini berasal dari kru ambulans yang tiba di lokasi penembakan.

Pejabat rumah sakit setempat tidak segera menanggapi permintaan komentar yang diajukan media. Rekaman udara menunjukkan lapangan festival mulai sepi, tetapi banyak kendaraan darurat berdatangan. Polisi dengan perlengkapan anti-peluru siaga di jalan-jalan sekitar.

"Hati-hati dan aman!," tulis Presiden AS Donald Trump di Twitter.

Gubernur California Gavin Newsom mengatakan kantornya memantau situasi dengan cermat. "Ini bukan sesuatu yang mengerikan," tulis Newsom di Twitter.

Seorang saksi mengatakan kepada NBC bahwa pria bersenjata itu mengeluarkan senapan semi-otomatis dan mulai menembak. "Dia menembak dari kiri ke kanan," katanya.

Saksi mata lainnya mengatakan pelaku mengenakan seragam militer ketika ia mulai mengumbar tembakan ke kerumunan.

Didirikan pada 1979, Gilroy Garlic Festival menampilkan makanan, minuman, hiburan langsung, dan kompetisi memasak. Festival diselenggarakan oleh sukarelawan dan digambarkan sebagai festival makanan musim panas terbesar di dunia.

Lokasi festival berada di luar ruangan di Christmas Hill Park, di mana senjata apa pun dilarang.

Untuk memberikan suasana aman dan ramah keluarga, penyelenggara menolak siapa pun yang mengenakan pakaian atau perlengkapan yang menunjukkan keanggotaan dalam sebuah geng, termasuk klub motor.

Pihak penyelenggara festival belum bersedia berkomentar. Lokasi Gilroy Garlic Festival berjarak sekitar 48 km di selatan San Jose.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7057 seconds (0.1#10.140)
pixels