alexametrics

Michelle Obama Perempuan Paling Dikagumi di Dunia

loading...
Michelle Obama Perempuan Paling Dikagumi di Dunia
Michelle Obama Perempuan Paling Dikagumi di Dunia. (Reuters).
A+ A-
NEW YORK - Istri mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Michelle Obama, dinobatkan sebagai perempuan paling dikagumi di dunia pada 2019 versi YouGov. Michelle menggeser posisi Angelina Jolie yang tepilih tahun sebelumnya. Sementara pendiri Microsoft Corporation, Bill Gates, menjadi laki-laki paling dikagumi di dunia.

Angelina turun dari posisi pertama ke posisi ketiga pada tahun ini. Aktris, pembuat film, dan aktivis kemanusiaan itu mengalami penurunan pamor. Sebaliknya, pembawa acara talk show Oprah Winfrey yang terkenal sebagai filantropi kulit hitam terhebat di sepanjang sejarah AS dan perempuan paling berpengaruh naik ke posisi 2.

Di kalangan pesohor laki-laki, Bill Gates tidak pernah bergeming dan selalu memuncaki ranking YouGov sejak pertama kali survei dilakukan. Bahkan, posisi lima besar tidak berubah. Di belakang Bill Gates terdapat Barack Obama. Lalu disusul aktor asal China Jackie Chan, Presiden China Xi Jinping, dan pebisnis China Jack Ma.



“Penelitian pada tahun ini melibatkan lebih dari 42.000 koresponden dari 41 negara di seluruh dunia,” ungkap YouGov di situs resminya. Hanya ada dua nama baru yang masuk ke dalam daftar tahun ini. Mereka ialah aktor asal India, Shahrukh Khan dan Salman Khan. Sedangkan di kalangan perempuan ada lima nama baru.

Lima perempuan yang memasuki jajaran 20 besar YouGov untuk pertama kali adalah istri Presiden AS Donald Trump, Melania Trump; istri Presiden China Xi Jinping, Peng Liyuan; ilmuwan China Tu Youyou; aktris India Sushmita Sen; dan host talk show AS Ellen DeGeneres.

Sebagian besar daftar perempuan didominasi para selebritas, mulai dari aktris, penyanyi, hingga presenter TV. Sebaliknya, daftar laki-laki didominasi politisi, pebisnis, dan atlet. Beberapa tokoh yang masuk daftar diakui YouGov memiliki jiwa kemanusiaan yang kuat dan selalu menolong orang yang kesulitan.

“Emma Watson dan Angelina Jolie merupakan segelintir aktris yang terkenal dengan aksi kemanusiaan,” ungkap YouGov. Pesepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo dan Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan menjadi dua tokoh yang mengalami kenaikkan tertinggi, masing-masing naik tiga dan tujuh peringkat.

Di AS, meski sudah lengser, Barack Obama dan Michelle masih dikagumi dan disegani. Menurut YouGov, sama seperti Donald Trump, Clint Eastwood, Bill Gates, dan Dwayne Johnson, Barack Obama masih sering menarik perbincangan masyarakat lokal. Begitupun dengan Michelle, Ruth Bader Ginsburg, dan Melania.

YouGov melakukan penentuan nominasi pada akhir 2018 di 41 negara. Mereka hanya mengajukan pertanyaan sederhana; “Dari manusia yang hidup sekarang, siapakah orang yang paling kalian kagumi?”. Nama tokoh itu kemudian diurutkan berdasarkan jumlah suara dan dukungan sedikitnya dari empat negara berbeda.

“Penelitian kemudian dilanjutkan pada Januari. Saat itu kami hanya mengajukan dua pertanyaan; “Siapa yang benar-benar kalian kagumi?”. Jawabannya bisa lebih dari satu. Dan “Siapa yang paling kalian kagumi?”. Jawabannya hanya boleh satu. Dua data itu lalu digabungkan berdasarkan persentasi,” terang YouGov.

YouGov menambahkan Michelle mendapat dukungan intens dan penuh di dunia. Survei dilakukan via online di negara dengan populasi internet cukup besar. Tapi, sebagian negara besar memiliki penetrasi internet yang cukup buruk. Negara dimaksud ialah China, Mesir, India, Indonesia, Pakistan, dan Afrika Selatan. (Muh Shamil)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak