Mesir Dituding Fleksibel dengan Pasukan Israel di Perbatasan Rafah

Rabu, 24 Juli 2024 - 18:40 WIB
loading...
Mesir Dituding Fleksibel...
Mesir dituding fleksibel dengan pasukan Israel yang bertugas di perbatasan Rafah. Foto/EPA
A A A
GAZA - Mesir bergerak untuk mengizinkan tentara Israel untuk tetap berada di koridor yang membentang di sepanjang perbatasannya dengan Jalur Gaza meskipun terdapat pernyataan publik yang menentang hal tersebut.

The Times of Israel melaporkan mengutip seorang pejabat senior Israel dan pejabat kedua yang mengetahui masalah tersebut. Laporan tersebut mengatakan potensi perubahan posisi Mesir dapat mempersulit sikap Hamas dalam perundingan yang sedang berlangsung, karena kelompok tersebut menuntut agar Israel menarik diri dari Koridor Philadelphi, yang direbutnya pada bulan Mei, sebagai bagian dari perjanjian gencatan senjata yang dilakukan secara bertahap.

Mesir pada awalnya menggunakan peran mediasinya untuk mendorong Israel menarik diri dari koridor tersebut sebagai bagian dari kesepakatan, namun pejabat Israel mengatakan kepada The Times of Israel bahwa pemerintah Mesir telah melonggarkan upaya ini dalam beberapa minggu terakhir.

“Mereka juga tidak ingin Hamas melanjutkan penyelundupan di perbatasan,” kata pejabat Israel tentang Mesir, menjelaskan bahwa kesepakatan belum tercapai.

Potensi pergeseran posisi Mesir kemungkinan akan mempersulit posisi Hamas dalam negosiasi penyanderaan yang sedang berlangsung, karena kelompok teror tersebut menuntut agar Israel menarik diri dari Koridor Philadelphi sebagai bagian dari perjanjian gencatan senjata yang dilakukan.

Para perunding Israel sejak bulan Mei telah membahas penarikan diri dari perbatasan sepanjang 14 kilometer (9 mil), dengan AS memimpin diskusi trilateral dengan Israel dan Mesir mengenai pembuatan tembok bawah tanah di sepanjang koridor di selatan Jalur Gaza dan Jalur Gaza. pemasangan sistem pengawasan untuk menggagalkan penyelundupan senjata ke Gaza, kata kedua pejabat tersebut.

Namun dalam upaya memanfaatkan posisi yang semakin kuat di medan perang awal bulan ini, Netanyahu mengubah arah dan menyatakan bahwa IDF yang tersisa di Philadelphi tidak dapat dinegosiasikan.

Permintaan tersebut tampaknya bertentangan dengan proposal penyanderaan yang disetujui perdana menteri pada bulan Mei, yang membayangkan Israel menarik diri dari seluruh Jalur Gaza pada fase kedua dari tiga fase enam minggu perjanjian gencatan senjata.

Seorang anggota tim perundingan sandera Israel bersama dengan seorang mediator Arab menyatakan keprihatinannya kepada The Times of Israel awal bulan ini bahwa tuntutan baru dari Netanyahu – bersama dengan tuntutan baru lainnya, untuk menciptakan mekanisme yang mencegah penyelundupan senjata ke Gaza utara – berisiko. membahayakan perundingan penyanderaan.

Israel mengambil alih Koridor Philadelphi sisi Gaza pada bulan Mei sebagai bagian dari serangannya di kota Rafah paling selatan di Gaza. Beberapa bulan menjelang operasi tersebut, Mesir memperingatkan bahwa tindakan mereka berisiko merugikan perjanjian perdamaian Kairo dan Yerusalem yang ditandatangani pada tahun 1979.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)