alexametrics

Inggris Tidak Terima Dua Kapalnya Disita Iran

loading...
Inggris Tidak Terima Dua Kapalnya Disita Iran
Dua kapal tanker Inggris, Stena Impero dan Mesdar, disita oleh Iran di Selat Hormuz. Foto/Telegraph
A+ A-
LONDON - Inggris menyatakan tindakan Iran menyita kapal berbendera Inggris dan berbendera Liberia di Selat Hormuz tidak dapat diterima. Inggris pun menyerukan kebebasan navigasi di Teluk.

"Saya sangat prihatin dengan penyitaan dua kapal oleh otoritas Iran di Selat Hormuz," kata Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt.

"Saya akan segera menghadiri pertemuan COBR (keamanan nasional) untuk meninjau kembali apa yang kita ketahui dan apa yang dapat kita lakukan untuk mengamankan pembebasan kedua kapal, kapal berbendera Inggris dan kapal berbendera Liberia," ujarnya.



“Penyitaan ini tidak bisa diterima. Sangat penting bahwa kebebasan navigasi dijaga dan bahwa semua kapal dapat bergerak dengan aman dan bebas di wilayah tersebut,” tegas Hunt seperti dilansir dari Reuters, Sabtu (20/7/2019).

Hunt mengatakan, duta besar Inggris di Teheran telah melakukan kontak dengan Kementerian Luar Negeri Iran untuk menyelesaikan situasi dan Inggris bekerja erat dengan mitra internasionalnya.

Sebelumnya, media pemerintah Iran, Press TV, melaporkan pasukan elit negara itu Garda Revolusi mengklaim telah menangkap sebuah kapal tanker Inggris. Stena Impero, nama kapal tanker itu, ditangkap karena melanggar peraturan internasional.

Laporan ini pun dikonfirmasi oleh pemilik kapal, Stena Bulk, dan manajer Northern Marine Management. Mereka mengatakan bahwa sekitar pukul 4 sore waktu Inggris, Stena Impero didekati oleh kapal kecil tidak dikenal dan sebuah helikopter selama transit di Selat Hormuz ketika kapal berada di perairan internasional.

Sekitar 40 menit setelah insiden Stena Impero, sebuah kapal tanker Inggris lain berbendera Liberia, Mesdar, dilaporkan berbelok ke arah utara menuju pantai Iran. Data pelacak kapal, Refinitiv, melaporkan kapal tersebut berbelok tajam setelah melewati Selat Hormuz ke Teluk melalui arah barat.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak