Kemlu: Dokumen Pemulangan Jenazah Sutopo Sedang Dipersiapkan

Minggu, 07 Juli 2019 - 10:19 WIB
Kemlu: Dokumen Pemulangan Jenazah Sutopo Sedang Dipersiapkan
Kemlu: Dokumen Pemulangan Jenazah Sutopo Sedang Dipersiapkan
A A A
JAKARTA - Kementerian Luar Negeri Indonesia menuturkan, Konsulat Jenderal Indonesia (KJRI) di Guangzhou, China sedang mempersiapkan dokumen pemulangan jenazah Kepala Pusat Data dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Menurut keterangan Kemlu RI, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi telah melakukan komunikasi langsung dengan pihak keluarga. Selain untuk mengucapkan belasungkawa, Retno juga memastikan bantuan untuk pemulangan jenazah ke tanah air.

"Menlu RI telah berbicara langsung dengan Ibu Sutopo, di Guangzhou dan menyampaikan duka mendalam dan memastikan bantuan untuk proses pemulangan jenazah ke tanah air," bunyi keterangan Kemlu RI.

"Konjen RI Guangzhou beserta staf juga terus membantu dan berada di RS bersama keluarga. Saat ini, dokumen dan hal lain sehubungan proses pemulangan sedang dipersiapkan," sambungnya, seperti dikutip Sindonews dari laman resmi mereka pada Minggu (7/7).

Dalam keterangannya, Kemlu RI beserta seluruh staf menyampaikan duka mendalam atas berpulangnya Sutopo. "Semoga almarhum diterima disisiNya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan," tukasnya.

Sutopo sendiri diketahui berjuang melawan penyakit kanker paru yang sudah diidap sejak awal 2018. Sutopo yang divonis kanker paru stadium IV saat pertama kali mengetahui penyakitnya mengaku kaget karena bukan perokok dan menjaga pola makan sehat.

Pria kelahiran 1969 itu menghembuskan nafas terakhir dini hari tadi, setelah sebelumnya menjalani perawatan selama beberapa pekan di Guangzhou.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2788 seconds (0.1#10.140)