Dua Turis China Tewas saat Menyelam di Malaysia, Diduga Kena Bom

Sabtu, 06 Juli 2019 - 09:29 WIB
Dua Turis China Tewas saat Menyelam di Malaysia, Diduga Kena Bom
Dua Turis China Tewas saat Menyelam di Malaysia, Diduga Kena Bom
A A A
KINABALU - Dua turis China dan seorang divemaster Malaysia tewas saat menyelam di perairan Semporna, pantai timur Sabah, hari Jumat. Mereka diduga tewas oleh ledakan bom ikan.

Operator pariwisata menyalahkan kegiatan pengeboman ikan sebagai penyebab kematian. Kendati demikian, polisi belum secara resmi mengonfirmasi penyebab kematian ketiga korban.

Awalnya, sekitar pukul 17.00 sore kemarin, seorang divemaster Semporna membawa dua wisatawan pria China untuk menyelam. Dua turis China itu diidentifikasi bernama Zhao Zheng dan Xu Yingjie.

Menurut saksi mata, ada beberapa perahu nelayan yang dioperasikan oleh gipsi laut di dekat tempat ketiga penyelam itu terbunuh.

Komisaris polisi Sabah, Omar Mammah, mengatakan polisi masih mengumpulkan informasi dan berusaha memastikan penyebab kematian ketiga korban.

"Dari beberapa saksi yang kami ajak bicara, kami mengetahui ada perahu nelayan di dekat lokasi, tetapi tidak ada yang benar-benar mendengar bom ikan meledak," katanya.

Polisi, kata Omar, juga telah memverifikasi identitas para korban.

Wakil Konsul Jenderal China di Kota Kinabalu, Zhang He, membenarkan bahwa dua warga negara mereka tewas dalam insiden itu.

Presiden Sabah Association of Tour and Travel Agents (SATTA), Winston Liaw, mengecam para nelayan yang menggunakan bom ikan dalam operasi mereka dan mendesak pihak berwenang untuk segera mengambil tindakan terhadap para pelanggar.

"Ambil tindakan yang akan menjadi pelajaran bagi semua. Kalau tidak, mereka akan terus melakukan hal yang sama," katanya, seperti dikutip The Star, Sabtu (6/7/2019).

Dia juga mendesak semua divemaster profesional dan wisatawan untuk waspada, dan tidak menyelam di dekat kapal nelayan atau baling-baling kapal karena sama-sama berbahaya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8335 seconds (0.1#10.140)