Komandan Teheran Ini Rahasiakan Jet F-35 Israel Tembus Langit Iran

Selasa, 02 Juli 2019 - 07:46 WIB
Komandan Teheran Ini Rahasiakan Jet F-35 Israel Tembus Langit Iran
Komandan Teheran Ini Rahasiakan Jet F-35 Israel Tembus Langit Iran
A A A
KUWAIT CITY - Komandan Angkatan Udara Republik Islam Iran (IRIAF) Brigadir Jenderal Farzad Ismaili, yang menjabat sejak 2010, telah dipecat oleh Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei setelah ia merahasiakan bahwa jet tempur siluman F-35 Israel melanggar wilayah udara Iran.

Pemecatan itu diungkap surat kabar Kuwait, Al Jarida, pada hari Sabtu. Surat kabar itu pula yang pertama kali mengungkap bahwa jet tempur F-35 Adir Angkatan Udara Israel (IAF) menembus langit Iran pada bulan Maret 2018.

Al Jarida, mengutip militer senior Iran, mengatakan laporannya pada bulan Maret memicu layanan intelijen dari Garda Revolusi dan Kementerian Intelijen Iran melakukan penyelidikan. Penyelidikan oleh kementerian itu dijalankan atas perintah langsung Khamenei.

Menurut investigasi surat kabar itu, pesawat F-35 Adir menembus wilayah udara Iran. "Berputar tinggi di atas Teheran, Karajrak, Isfahan, Shiraz dan Bandar Abbas, dan memotret sistem pertahanan udara Iran," bunyi laporan investigasi itu, seperti dikutip National Interest, Senin (1/7/2019).

Salah satu sumber melaporkan bahwa sistem pertahanan udara Iran—termasuk radar buatan Rusia—gagal mendeteksi masuk dan keluarnya pesawat tempur siluman buatan Lockheed Martin Amerika Serikat itu.

Ismaili yang mengetahui hal itu memilih menyembunyikan informasi tersebut dari Khamenei untuk menutupi kegagalan tugasnya. Namun intelijen Iran menemukan bahwa jet tempur Israel telah melakukan serangan semacam ini sebagai ujian terhadap kemungkinan serangan yang tidak terdeteksi terhadap pos dan pangkalan Iran, di mana mereka memotret pangkalan-pangkalan sensitif itu, dan menghindari radar sistem rudal S-300 Rusia.

Masih menurut Al Jarida, intelijen Iran menerima informasi rahasia bahwa pesawat-pesawat tempur Israel bahkan berhasil memotret pangkalan-pangkalan bawah tanah Iran. Khamenei, yang menerima informasi ini, sekarang mencurigai kerja sama antara Rusia dan Israel. Dia curiga bahwa Moskow memberi Tel Aviv kode rahasia radar Rusia di Iran.

Khamenei memecat Ismaili pada 29 Mei. Dia digantikan wakilnya, Jenderal Alireza Sabahi-Fard.

Israel merupakan negara pertama di Timur Tengah yang memperoleh pesawat tempur generasi kelima AS, F-35.

Mantan Menteri Pertahanan Avigdor Lieberman menjelaskan bahwa Skuadron F-35 adalah puncak teknologi, dan akan membantu Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dan Angkatan Udara dalam menghadapi banyak tantangan keamanan yang dihadapi negara Yahudi itu secara langsung. "Mereka adalah aspek sentral dalam melindungi keselamatan rakyat Israel di sepanjang perbatasan negara dan bahkan jauh dari itu," katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4531 seconds (0.1#10.140)