Jembatan Maut Morandi Italia Diledakkan

Sabtu, 29 Juni 2019 - 09:54 WIB
Jembatan “Maut“ Morandi Italia Diledakkan
Jembatan Maut Morandi Italia Diledakkan
A A A
MILAN - Setahun setelah ambruk dan menewaskan 43 orang, sisa Jembatan Morandi di Genoa, Italia, diledakkan pada pukul 09.30 waktu setempat kemarin.

Sekitar 4.000 warga yang tinggal di dekat jembatan telah dievakuasi sebelum jembatan itu hancur lebur dalam hitungan tujuh detik. Alat peledak ditempelkan di kaki dan badan jembatan.

Para ahli juga sudah menyediakan air untuk mencegah penyebaran debu dan asap. Peledakan jembatan itu diawasi langsung Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini yang juga Wakil Perdana Menteri. Warga lokal juga menyaksikannya dari jarak aman. Jembatan itu rusak dan tidak dipakai selama lebih dari 10 tahun.

Dibangun pada 1960-an, Morandi merupakan bagian vital dari sistem jalan raya di Italia karena menghubungkan Italia dan Prancis. Peranan tersebut menjadikan jembatan itu sebagai jembatan paling sibuk di Italia yang dilintasi beragam kendaraan.

Seperti diketahui, jembatan itu juga menyisakan kenangan pilu bagi masyarakat Italia. Sepanjang 50 meter dari total 1.102 meter jembatan ambruk pada tahun lalu. Sebanyak 35 mobil dan 3 truk yang pada saat kejadian menyeberangi jembatan ikut terjatuh. Dua potongan besar beton juga menimpa dua gudang dan jalur rel kereta api di bawahnya. Dilaporkan 43 orang tewas dalam tragedi tersebut.

Mengenai kecelakaan itu, ahli konstruksi mengatakan Jembatan Morandi sudah tua, yakni berusia 51 tahun, sehingga rentan berkarat dan akhirnya ambruk saat memikul beban yang amat berat. Profesor dari Universitas Southampton Mehdi Kashani mengemukakan, kendaraan dengan muatan berlebih dan angin kencang menjadi faktor utama penyebab insiden itu.

“Tekanan dari beban yang dinamis seperti lalu lintas kendaraan atau angin kencang dapat menyebabkan kerusakan yang meletihkan jembatan,” kata Kashani seperti dilansir aljazeera.com.

Atas peristiwa tersebut, Menteri Transportasi Italia Danilo Toninelli memerintahkan jajarannya dan semua pengelola bangunan memeriksa kondisi infrastruktur di seluruh Italia. (Muh Shamil)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2918 seconds (0.1#10.140)