Trump Beri Tahu Putin: Jangan Ikut Campur Pemilu AS

Jum'at, 28 Juni 2019 - 13:59 WIB
Trump Beri Tahu Putin: Jangan Ikut Campur Pemilu AS
Trump Beri Tahu Putin: Jangan Ikut Campur Pemilu AS
A A A
OSAKA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump direncanakan akan bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di sela-sela KTT G20 di Osaka, Jepang. Salah permasalahan yang akan disinggung dalam pertemuan itu adalah terkait keterlibatan Rusia dalam pemilu AS.

Terkait hal itu, Trump akan memberi tahu Putin untuk tidak ikut campur dalam pemilu AS. AS akan kembali menggelar pemilu pada tahun depan. Pada pemilu 2016, Rusia disebut-sebut ikut campur dalam pemilu yang dimenangkan oleh Trump.

Ditanya oleh seorang reporter apakah ia akan mengangkat masalah tersebut selama pertemuan bilateral dengan Putin, Trump mengatakan: "Ya, tentu saja saya akan melakukannya," seperti dilansir dari Reuters, Jumat (28/6/2019).

Pernyataan Trump tersebut tampaknya ingin meringankan skandal yang menyebabkan penyelidikan selama dua tahun terkait kontak tim kampanyenya dengan Kremlin selama pemilihan umum 2016 lalu.

Trump kemudian berbalik ke Putin untuk memberikan arahan dua kali sambil menunjuk pada pemimpin Rusia. Putin tersenyum ketika ucapan itu ditafsirkan untuknya.

Trump dan Putin sedang berada di pertemuan KTT G20 di Osaka, Jepang. Ini adalah pertama kalinya kedua pemimpin itu melakukan pertemuan tatap muka formal sejak pertemuan tingkat tinggi yang kontroversial di Helsinki Juli lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5883 seconds (0.1#10.140)